Distribusi Uang Selama Ramadhan dan Lebaran 2019 Mencapai Rp 1,78 Triliun

Total distribusi uang pada momen Ramadhan dan Lebaran 2019 di wilayah kerja BI Balikpapan tercatat sebesar Rp1,78 triliun,

Distribusi Uang Selama Ramadhan dan Lebaran 2019 Mencapai Rp 1,78 Triliun
Tribunkaltim.co, Siti Zubaidah
Warga Balikpapan yang beberapa waktu lalu menukar uang kartas di halaman parkir Kantor Bank Indonesia Balikpapan 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Bank Indonesia Kota Balikpapan cukupi kebutuhan uang masyarakat Kota Balikpapan dan sekitarnya. Kantor Perwakilan BI Balikpapan secara proaktif menempuh berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan uang masyarakat dan perbankan selama bulan Ramadhan 2019.

Kepala Kantor Perwakilan BI Balikpapan Bimo Epyanto mengatakan, upaya yang ditempuh adalah berkoordinasi secara intensif dengan perbankan mengenai estimasi dan pemenuhan kebutuhan uang sehingga tepat jumlah dan tepat jenis pecahan pada momen Ramadhan serta persiapan libur Lebaran.

Sedangkan, untuk memenuhi kebutuhan uang pecahan kecil bagi masyarakat, BI bersama perbankan membuka loket penukaran uang pecahan kecil di kantor perbankan yang tersebar di Kota Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara, dan Kabupaten Paser.

Selain itu, juga dilakukan kegiatan kas keliling secara rutin yang tersebar di berbagai titik di Kota Balikpapan.

"Total distribusi uang pada momen Ramadhan dan Lebaran 2019 di wilayah kerja BI Balikpapan tercatat sebesar Rp1,78 triliun, meningkat 2,97% dibandingkan dengan realisasi kebutuhan uang Ramadhan tahun 2018," kata Bimo Epyanto.

Sedangkan jika dibandingkan dengan proyeksi yang disampaikan perbankan, realisasi kebutuhan uang pada 2019 hanya 76% yang disinyalir oleh perilaku masyarakat yang cenderung menahan konsumsi dalam rangka antisipasi kebutuhan tahun ajaran baru.

Tren penarikan uang pecahan besar yaitu Rp100.000 dan Rp50.000 oleh perbankan mengalami peningkatan jelang libur Lebaran terutama untuk pemenuhan kebutuhan ATM.

Sementara itu, realisasi penukaran uang melalui kas keliling yang dilakukan BI tercatat mengalami peningkatan sebesar 18% (yoy) dari Rp5,38 miliar pada bulan Ramadan 2018 menjadi Rp6,37 miliar pada bulan ramadan 2019.

"Peningkatan tersebut sejalan dengan penambahan intensitas kas keliling yang dilakukan oleh Bank Indonesia bersama perbankan," kata Bimo Epyanto.

Bank Indonesia secara masif menghimbau masyarakat agar melakukan penukaran di outlet penukaran yang resmi untuk terhindar dari risiko menerima uang palsa uang palsu serta kesesuaian jumlah nominal uang yang ditukarkan.

Halaman
12
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved