Empat Tersangka Perampok Bermobil di Bengalon Dijerat Pasal Berlapis

Tak hanya itu, salah satu anggota sindikat pun nekat mengancam korbannya menggunakan senjata tajam yang dilingkarkan di leher

Empat Tersangka Perampok Bermobil di Bengalon Dijerat Pasal Berlapis
HO Polsek Bengalon
Aparat menggeledah kediaman komplotan itu dan menemukan banyak senjata tajam dan satu senpi berpeluru tajam. Ini para tersangka perampokan menggunakan senjata api rakitan_ 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Pemeriksaan terhadap empat tersangka anggota sindikat perampokan bermobil masih terus dilakukan jajaran tim penyidik Polsek Bengalon bersama Satreskrim Polres Kutai Timur.

Mereka adalah;

* Jumain (30), warga Jalan Marga Mulya Kecamatan Sangatta Utara si pemilik kendaraan,

* Nasilaturrohmah (29), warga Desa Mangaran Kecamatan Ajeng Kabupaten Jemberr,

* Adi (31), warga Kecamatan Legok Kota, Blitar

* Margaretha (19), warga Desa Inaran Kecamatan Berau Kabupaten Berau.

Senpi laras panjang dengan peluru tajam yang ditemukan aparat polisi saat penggeledahan di rumah komplotan perampok bermobil_
Senpi laras panjang dengan peluru tajam yang ditemukan aparat polisi saat penggeledahan di rumah komplotan perampok bermobil_ (HO Polsek Bengalon)

Para tersangka tak hanya dituduh telah melakukan perampokan atau pencurian dengan kekerasan sebagaimana diatur dalam pasal 365 KUHP, tapi dari barang bukti yang ada, berupa senjata tajam dan senjata api rakitan, mereka juga akan dijerat dengan undang undang darurat yang mengatur tentang kepemilikan sajam dan senpi. Yakni, undang undang darurat nomor 12 tahun 1951 dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun pidana kurungan.

“Keempat tersangka, bisa kita kenakan pasal berlapis. Yakni, dari KUHP tentang tindakan mereka melakukan curas, dan undang undang darurat nomor 12 tahun 1951, tentang kepemilikan sajam serta senpi rakitan,” kata Kapolres Kutim AKBP Teddy Ristiawan didampingi Kasatreskrim AKP Yuliansyah, Kamis (13/6).

Seperti diketahui, setelah berhasil mengungkap pelaku perampokan di dalam mobil yang terjadi di Jalan Poros Bengalon-Muara Wahau, Km 110 Desa Tepian Langsat Kecamatan Bengalon, Rabu (12/6), polisi juga menemukan belasan senjata tajam berbagai jenis dan ukuran serta sepucuk senjata api dengan peluru tajam berlaras panjang di rumah yang ditempati komplotan ini.

Tak hanya itu, saat melakukan perampokan salah satu anggota sindikat pun nekat mengancam korbannya menggunakan senjata tajam yang dilingkarkan di leher korban.(sar)

Halaman
12
Penulis: Margaret Sarita
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved