Pasar Panca Agung Dilengkapi 40 Ruko dan Ratusan Lapak, Tahun Depan Mulai Dipakai

Pembangunan pasar rakyat berkonsep semi tradisional-modern di Desa Panca Agung, Kecamatan Tanjung Palas Utara, Kabupaten Bulungan hampir selesai

Pasar Panca Agung Dilengkapi 40 Ruko dan Ratusan Lapak, Tahun Depan Mulai Dipakai
TribunKaltim.CO/HO/DISPERINDAGKOP KALTARA
Progres konstruksi pembangunan Pasar Panca Agung, Kecamatan Tanjung Palas Utara, Kabupaten Bulungan, diabadikan Rabu (12/6/2019. 

TRIBUNKALTIM.CO,TANJUNG SELOR - Pembangunan pasar rakyat berkonsep semi tradisional-modern di Desa Panca Agung, Kecamatan Tanjung Palas Utara, Kabupaten Bulungan hampir mencapai separuh dari progres fisik yang ditargetkan.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Kalimantan Utara Hartono mengemukakan, progres fisik pembangunan pasar berlantai dua itu sudah mencapai 40 persen.

Tiang-tiang pancang hingga sekat dinding pemisah antar kios pedagang juga beberapa sudah terangkai.

"Hasil pantauan kemarin saya ke sana, Alhamdulillah, cukup baik kemajuannya. Insya Allah, akan selesai tahun ini," ujar Hartono kepada Tribunkaltim.co, Kamis (13/6/2019).

Pasar ini dibangun di atas lahan 1,8 hektare melalui APBD Pemprov sebesar Rp 11 miliar. Pasar dilengkapi fasilitas kios kurang lebih 40 unit lebih,

100 unit lapak pedagang, serta prasarana penunjang lainnya untuk fungsional pasar dan kenyamanan pedagang, pembeli, dan masyarakat sekitar.

"Untuk pengelolannya nanti akan diserahkan kepada koperasi. Mereka akan mengelola semua aktivitas di dalamnya. Dari hasil pengelolaan itu, akan masuk ke kas daerah kita sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor Retribusi," ujarnya.

Hadirnya pasar semi modern itu diharapkan  makin mendorong pertumbuhan ekonomi setempat dan Bulungan dan Kalimantan Utara pada umummya.

"Kami sih targetnya tahun 2020 awal sudah fungsional dan diresmikan Pak Gubernur," ujarnya.

"Kita ingin pasar itu jauh dari kesan kumuh. Untuk itu, kita juga mengajak masyarakat dan pedagang supaya ikut memperhatikan keberlangsungan aset yang bermanfaat bagi publik itu," tambahnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved