Pelantikan DPRD Kota Balikpapan Tunggu Hasil Putusan Gugatan di MK

Setelah proses sengketa Pemilu selesai, maka akan memasuki tahapan penetapan perolehan kursi dan penetapan caleg terpilih.

Pelantikan DPRD Kota Balikpapan Tunggu Hasil Putusan Gugatan di MK
tribunkaltim.co
Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha 

TRIBUNKALTIM.COBALIKPAPAN - Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan masih menunggu pengumuman hasil gugatan dari Mahkamah Konstitusi (MK) yang rencananya akan diumumkan pada 1 Juli 2019 mendatang.

Saat ini, proses tahapan Pemilu 2019 masih pada proses tahapan sengketa. Setelah proses sengketa Pemilu selesai, maka akan memasuki tahapan penetapan perolehan kursi dan penetapan caleg terpilih.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Kota Balikpapan, Noor Thoha kepada Tribunkaltim.co, Kamis (13/6/2019).

"Sengketa ini sangat terkait dengan penetapan. Jika di suatu kabupaten/kota atau provinsi tidak ada yang menggugat, maka KPU kabupaten/kota atau provinsi akan menetapkan parpol apa mendapatkan kursi berapa dan caleg saja yang akan duduk," jelasnya.

ia mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih menunggu pengumuman di MK. Menurutnya, jika pada pengumuman nanti KPU Kota Balikpapan tidak masuk dan tidak ada dalam gugatan,

maka KPU Kota Balikpapan boleh menetapkan perolehan kursi dan caleg terpilih  setelah pengumuman MK.

"Sampai saat ini saya belum mendengar KPU Balikpapan digugat, untuk Pileg loh ya. Jadi kalau nggak ada gugatan, mungkin tanggal 2,3 atau 4 kita akan tetapkan," ucapnya.

Ia menambahkan, pelantikan anggaota DPRD Kota Balikpapan periode 2019-2024 rencananya akan dilakukan pada 25 Agustus 2019 dan dilantik langsung oleh Gubernur Kaltim.

"Gubernur yang lantik nanti setelah KPU menyampaikan SK penetapannya," ujarnya. (*)

Subscribe official YouTube Channel

Halaman
12
Penulis: Aris Joni
Editor: samir paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved