Pendapatan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Merosot, Angkasa Pura I Masih Optimis Capai Target

Seiring terjadinya penurunan jumlah penumpang yang cukup drastis, pendapatan anggaran bandara Internasional SAMS Sepinggan juga merosot.

Pendapatan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Merosot, Angkasa Pura I Masih Optimis Capai Target
TRIBUN KALTIM/ Zainul
Suasana Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN-  Seiring terjadinya penurunan jumlah penumpang yang cukup drastis di tahun 2019 ini, pendapatan anggaran bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan juga ikut merosot tajam.

Diketahui sebelumnya jumlah penumpang bandara SAMS Sepinggan Balikpapan tahun 2018 lalu mencapai 21 ribu orang, namun di tahun 2019 ini hanya tinggal 14 ribu saja.

Meski demikian, General Manager Angkasa Pura I Balikpapan, Farid Indra Nugraha mengatakan  pihaknya tetap optimis dengan target pendapatan bandara SAMS Balikpapan tahun 2019 ini tidak mengalami revisi dan tetap bertahan pada angka Rp 96 miliar untuk bisnis inti.

Farid Indra Nugraha General Manager (GM) Angkasa Pura I Balikpapan
Farid Indra Nugraha General Manager (GM) Angkasa Pura I Balikpapan (TRIBUN KALTIM/ Zainul)

"Target pendapatan bandara SAMS Sepinggan Balikpapan tahun ini Rp 96 Miliar, tidak ada revisi sama seperti tahun lalu," kata Farid Indra Nugraha

Padahal pendapatan bandara SAMS Sepinggan tersebut diakui sangat bergantung pada tingkat jumlah penumpang yang ada.

Adapun jika nantinya hingga memasuki Desember mendatang dan target pendapatan juga masih belum tercapai, maka pihak Angkasa Pura I Balikpapan hanya melaporkan jumlah angka yang tidak tercapai saja kepada pemerintah pusat.

"Nggak ada revisi, paling ya laporannya tak tercapai saja," pungkasnya

Sementara itu, dari pantauan Tribunkaltim.co, Kamis, (13/6/2019) sebanyak 30 tenant yang ada di dalam gedung Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan beberapa di antaranya sudah mulai tutup.

Suasana Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan
Suasana Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan (TRIBUN KALTIM/ Zainul)

Padahal keberadaan tenant - tenant tersebut merupakan bagian dari sumber pendapatan oleh bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

Namun demikian, walau terbilang sulit untuk membuat Bandara SAMS Sepinggan kembali menjadi pilihan utama bagi penumpang, namun pihak Angkasa Pura I tetap berupaya melakukan terobosan baru dan berencana menarik kembali maskapai Royal Brunei untuk melayani rute penerbangan di Kota Balikpapan.

"Kami coba ke Royal Brunei sebagai terobosan baru untuk melayani penerbangan di sini (bandara SAMS) dan masih melalukan survei, kemungkinan maskapai Royal Brunei tersebut akan melayani  jalur umrah," Jelas Farid.

Laba Turun hingga Rp 28 Miliar per Bulan

 Jumlah penumpang di Bandara Sultan Aji Muhamad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan tahun ini turun drastis. Hal ini pun berimbas pada laba yang didapat bandara kelas internasional ini. 

Ada beberapa faktor penyebab turun drastisnya jumlah penumpang di bandara Sepinggan ini.

General Manager PT Angkasa Pura I Balikpapan, Farid Indra Nugraha mengatakan kini jumlah penumpang di Bandara SAMS Sepinggan hanya 14 ribu orang per hari.

Dibanding sebelumnya yang bisa mencapai 21 ribu penumpang per hari.

Kendati demikian Faris menegaskan, pihaknya akan tetap memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh penumpang.

Kami tetap optimis memberikan pelayan yang terbaik, dari 21 ribu penumpang per hari saja, kami sanggup melayani. Apalagi tahun ini cuma 14 ribu saja per hari," kata Farid Indra Nugraha.

Suasana Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan
Suasana Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan (TRIBUN KALTIM/ Zainul)
Halaman
123
Penulis: Zainul
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved