Dinilai Untungkan Pengusaha Luar, Dewan Minta PT EUP Lengkapi Izin Baru

Ketua Komisi I DPRD Bontang, Agus Haris mengatakan, keterlibatan pengusaha lokal di aktivitas saat ini minim bahkan nihil.

Dinilai Untungkan Pengusaha Luar, Dewan Minta PT EUP Lengkapi Izin Baru
TribunKaltim.Co/Ichwal Setiawan
TETAP BEROPERASI — Sejumlah alat berat masih beraktivitas di lokasi pembangunan pabrik CPO di Segendis, Kelurahan Bontang Lestari, Kecamatan Bontang Selatan. Padahal Pemkot dan DPRD telah meminta agar aktivitas dihentikan sampai seluruh izin lengkap. 

TRIBUNKALTIM.CO ,BONTANG — Aktivitas proyek pembangunan pabrik Crude Palm Oil (CPO) oleh PT Energi Unggul Persada (EUP) di Segendis, Kelurahan Bontang Lestari dinilai belum memberi dampak positif bagi perekonomian daerah.

Sebab, kegiatan yang dilakukan saat ini masih banyak melibatkan perusahaan dan tenaga dari luar Kota Bontang.

Ketua Komisi I DPRD Bontang, Agus Haris mengatakan, keterlibatan  pengusaha lokal di aktivitas saat ini minim bahkan nihil.

Menurut dia, sejumlah alat berat yang dikerahkan didatangkan dari luar Kota Bontang.

“Kalau lihat Dump Truck (DT) saat ini yang menimbun itu kan dari luar semua, bagaimana bisa disebut menguntungkan bagi ekonomi daerah kalau dari luar,” ujarnya kepada tribunkaltim.co, Jumat (14/6/2019).

Untuk itu, ia meminta pemerintah segera menegur PT EUP agar melibatkan pengusaha lokal dalam aktivitas proyek mereka.

Di samping itu, ia meluruskan bahwa DPRD Bontang tak memiliki kewenangan untuk menghentikam aktivitas proyek di sana. Hanya saja, instansinya berperan pengawasan regulasi daerah.

“Kita minta agar pemerintah sebagai eksekutif menghentikan karena aturan terkait perizinan itu ada,” ujar Agus Haris.

Kemudian, pemerintah juga diminta agar tertib melaksanakan aturan yang berlaku. Menurutnya, pembiaran aktivitas proyek tetap berjalan padahal tanpa ada izin harus dihentikan.

“Nah kami tidak melarang aktivitas investasi di sana, cuman kami minta patuhi aturan, lengkapi dulu izinnya baru berjalan,” pungkas dia.

Halaman
12
Penulis: Ichwal Setiawan
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved