Pilpres 2019

Pembatasan Media Sosial? Kemkominfo RI: Belum Ada Peningkatan Eskalasi Hoaks Sidang MK Pilpres 2019

Kemkominfo RI berencana melakukan pembatasan media sosial jika sidang gugatan Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi membuat situasi memanas.

Pembatasan Media Sosial? Kemkominfo RI: Belum Ada Peningkatan Eskalasi Hoaks Sidang MK Pilpres 2019
vocfm.co.za
ILUSTRASI - Layanan Facebook, WhatsApp dan Instagram akses media sosial. Kemkominfo RI berencana melakukan pembatasan media sosial jika sidang gugatan Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitus memanas. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Proses hukum mengenai gugatan hasil Pilpres 2019 yang diajukan oleh tim Prabowo-Sandi saat ini masih terus menjadi perbincangan hangat. 

Banyak orang pun soroti mengenai proses gugatan, Pilpres 2019 dari kubu Prabowo-Sandi. Indonesia yang baru saja melakuan proses pencoblosan Pilpres 2019 sudah diumumkan pemenangnya oleh KPU, pasangan Jokowi-Maruf teratas. 

Tapi kemudian, tim Prabowo-Sandi belum menerima menduga ada hal yang curang dalam pelaksanaan Pilpres 2019 dan membawa hal ini ke ranah hukum, digiring ke Mahakamah Konstitusi. 

Pihak Kemkominfo RI pun mengkhawatirkan selama proses persidangan di Mahkamah Konsitusi sampai jelang putusan hukum di Mahakamah Konstitusi rawan adanya penyebaran hoaks di lini dunia maya, media sosial. 

Ada kabar dari Kemkominfo RI soal rencana pembatasan media sosial seperti Instagram dan WhatsApp pada Jumat (14/6/2019). 

Tentu saja pembatasan akses media sosial tersebut mengenai sidang hasil Pilpres 2019.

Upaya pembatasan media sosial ini pun kemudian menjadi perdebatan di banyak pihak. 

Lembaga Kemkominfo RI akan mengambil tindakan pembatasan media sosial jika kemudian muncul kondisi yang sangat tidak diharapkan, merebaknya hoaks di media sosial secara massif.  Juga jika jalannnya sidang dari Mahkamah Konstitusi kemudian berekses memanas.

"Cara pembatasan media sosial kan guna menekan penyebaran hoaks," ungkap Pelaksana Tugas Kepala Humas Kemkominfo RI, Ferdinandus Setu kepada Tribunkaltim.co pada Jumat (14/6/2019) melalui sambungan WhatsApp.

Tapi kata dia, Kemkominfo RI pun sangat berharap banyak, pembatasan media sosial tidak akan dilakukan selama digelarnya sidang Mahakamah Konstitusi. 

Halaman
1234
Penulis: Budi Susilo
Editor: Doan Pardede
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved