Samarinda Ibarat Kantong Air, Semua Saluran Tersumbat, Surut pun Lama Akhirnya Rumah Warga Tergenang

Samarinda ini seperti kantong air. Karena adanya penyumbatan di beberapa saluran air, maka aliran air tidak lancar. Jadi surutnya air juga lambat

Samarinda Ibarat Kantong Air, Semua Saluran Tersumbat, Surut pun Lama Akhirnya Rumah Warga Tergenang
Tribunkaltim.co, Cahyo Wicaksono
Dandim 0901/Samarinda, Letkol Inf M Bahrodin, diapit Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto dan Pangdam VI/Mulawarman Meyjen TNI Subiyanto memberi keterangan usai mengunjungi korban banjir, yang melanda Kota Samarinda, sejak Minggu (9/6/2018) lalu. Jumat (14/6/2019). TRIBUNKALTIM.CO/CAHYO WICAKSONO PUTRO. 

TRIBUNKALTIM.CO,  SAMARINDA - Banjir yang melanda Kota Tepian, hingga Jumat (14/6/2019) hari ini di sejumlah titik, perlahan mulai surut.

Dandim 0901/Samarinda, Letkol Inf M Bahrodin bersama Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto dan Pangdam VI/Mulawarman Meyjen TNI Subiyanto, memberikan keterangan terkait banjir Samarinda. Dia mengungkapkan per hari sejak banjir melanda pada Minggu (9/6/2018) lalu terjadi penurunan air di hampir semua wilayah yang tergenang banjir.

Hal itu disampaikannya, usai mengunjungi beberapa posko, seperti posko yang berada di Gedung PKK Pemkot Samarinda di Kecamatan Samarinda Ulu, kemudian posko di Bengkuring, Sempaja Utara, dan menyaksikan beberapa warga yang rumahnya sudah ditinggalkan banjir mulai berbenah.

"Terjadi penurunan air di semua wilayah yang sempat terdampak banjir cukup parah. Tadi beberapa warga sudah mulai membersihkan rumahnya dari lumpur dan bercak air yang membekas," ungkap Dandim 0901/Samarinda, Letkol Inf M Bahrodin, Jumat (14/6/2019).

Dandim 0901/Samarinda, Letkol Inf M Bahrodin, diapitĀ Kapolda Irjen Pol Priyo Widyanto dan Pangdam VI/Mulawarman Meyjen TNI Subiyanto, Jumat (14/6/2019).
Dandim 0901/Samarinda, Letkol Inf M Bahrodin, diapit Kapolda Irjen Pol Priyo Widyanto dan Pangdam VI/Mulawarman Meyjen TNI Subiyanto, Jumat (14/6/2019). (TRIBUNKALTIM.CO/CAHYO WICAKSONO PUTRO.)

Demi meringankan beban korban banjir, Dandim 0901/Samarinda, Letkol Inf M Bahrodin mengatakan pihaknya dibantu Kepolisian, akan terus membantu proses pemulihan pasca banjir.

"Untuk para korban yang tidak lagi terkena banjir, TNI-Polri siap membantu melakukan pembersihan. Tak terkecuali korban yang saat ini masih terdampak, setelah air benar-benar surut dan kering, akan tetap kami bantu menetralisir kawasan dari banjir," ucapnya.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto juga mengatakan pelaksanaan bantuan pembersihan kawasan pasca banjir, akan diatur oleh Dandim dan Kapolresta Samarinda, yang dibantu oleh seluruh pihak, termasuk Pemkot Samarinda dan Pemprov Kaltim.

"Iya nanti pelaksanaannya akan koordinasikan oleh Dandim dan Kapolres, serta Pemkot Samarinda dan Pemprov Kaltim. Harapannya semoga secepatnya surut dan warga bisa kembali beraktifitas seperti sediakala," tandas Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto juga menyebut, lamanya proses surutnya air, karena memang Samarinda sudah seperti kantong air.

Karena terjadinya penyumbatan di setiap saluran air, sehingga luapan air sungai meluas dan merendam rumah warga.

Halaman
12
Penulis: Cahyo Wicaksono Putro
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved