Pilpres 2019

Tahun 2008, MK Ternyata Pernah Buat Putusan Mengejutkan, Ketua MK Sampai Tutup Akses Komunikasi

Mahkamah Konstitusi (MK) mulai menggelar Sidang gugatan Sengketa Pilpres 2019, Jumat (24/5/2019).

Tahun 2008, MK Ternyata Pernah Buat Putusan Mengejutkan, Ketua MK Sampai Tutup Akses Komunikasi
kolase Tribunnews.com
Gedung Mahkamah Konstitusi dan mantan Ketua MK Mahfud MD 

TRIBUNKALTIM.CO - Mahkamah Konstitusi (MK) mulai menggelar Sidang gugatan Sengketa Pilpres 2019 di Gedung MK di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (24/5/2019).

Di Sidang sengketa Pilpres 2019 ini, majelis hakim memberikan kesempatan kepada pemohon yakni tim kuasa hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk membacakan pokok-pokok permohonan.

Hal itu diawali saat Hakim Konstitusi, Anwar Usman, meminta pihak pemohon perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) untuk pemilihan presiden (pilpres) agar membacakan pokok-pokok permohonan.

"Baik, kami langsung ke pemohon. Silakan untuk menyampaikan pokok-pokok permohonan. (Permohonan,-red) Kami sudah baca dan kami sudah teliti," kata pria yang menjabat sebagai ketua umum Mahkamah Konstitusi (MK) di ruang sidang pleno lantai 2, Gedung MK, Jumat (14/6/2019).

Kapan tanggal putusan sengketa Pilpres 2019 akan dibacakan Mahkamah Konstitusi?

Dilansir Tribunnews.com, diketahui bahwa Ketua Tim Kuasa Hukum Paslon 02 menyerahkan berkas gugatan sengketa Pilpres 2019 pada Jumat (24/5/2019) lalu.

Artinya kubu Paslon 02 mengajukan permohonan sengketa Pilpres 2019 secara langsung.

Berdasarkan situs Mahkamah Konstitusi, selambat-lambatnya pada 11 Juni 2019 Mahkamah Konstitusi harus sudah mencatat permohonan pemohon (Kubu 02) pada Buku Perkara Registrasi Konstitusi (BPRK).

Kemudian di hari yang sama MK juga harus menerbitkan Akta Registrasi Perkara Konstitusi (ARPK) yang langsung diserahkan ke pemohon.

Berikutnya adalah tahap pemberitahuan permohonan dan hari sidang pertama.

Halaman
1234
Penulis: Doan Ebenezer Pardede
Editor: Cornel Dimas Satrio Kusbiananto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved