Cuaca Buruk, Aktivitas Penerbangan Pesawat di Bandara SAMS Sepinggan Banyak Delay dan Return to Base

Cuaca buruk yang terjadi beberapa hari belakangan berimbas pada aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan

Cuaca Buruk, Aktivitas Penerbangan Pesawat di Bandara SAMS Sepinggan Banyak Delay dan Return to Base
TRIBUN KALTIM/ Zainul
ILUSTRASI - Sejumlah Pesawat terparkir di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan ditunda keberangkatannya akibat cuaca buruk. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Cuaca buruk yang terjadi beberapa hari belakangan berimbas pada aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Sabtu (15/6/2019).

Beberapa penerbangan harus delay, return to base, bahkan dialihkan pendaratannya ke kota lain.

Diberitakan sebelumnya, prediksi cuaca yang dirilis oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Balikpapan beberapa waktu lalu yang menyatakan bahwa langit di pulau Kalimantan Timur akan diselimuti awan tebal dan curah hujan dengan intensitas cukup tinggi selama 11 - 15 Juni 2019 akibat gelombang atmosfer madden julian oscillation (MJO).

Prediksi BMKG tersebut, cuaca buruk benar-benar terjadi dan imbasnya tidak hanya mengisahkan banjir di Samarinda tetapi juga turut dirasakan pada aktivitas penerbangan pesawat angkutan penumpang.

Seperti yang terpantau di bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan pada, Sabtu, (15/6/2019).

Aktivitas penerbangan di bandara ini sejak Kamis lalu, (13/6/2019) mulai terganggu karena jarak pandang yang sangat terbatas sehingga memaksa aktivitas penerbangan di beberapa pesawat harus ditunda keberangkatannya (delay) bahkan ada beberapa pesawat lainnya terpaksa returt to base (kembali ke bandara semula) serta dialihkan pendaratannya ke bandara lain (divert).

Kepada TribunKaltim co, Communication and Legal Section Head Angkasa Pura I Balikpapan Andanina Megasari mengatakan delay dan return to base serta divert pesawat tersebut sengaja di lakukan demi menjamin keselamatan penumpang.

"Tidak bisa menentang cuaca, keselamatan penumpang itu sangat penting," katanya

Selama hujan beberapa hari ini lanjut Andanina baru pagi ini (Sabtu) dan Kamis kemarin penerbangan terganggu padahal sebelumnya masih normal saja,” tuturnya.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Bandara SAMS Sepinggan, akibat cuaca buruk ini setidaknya berdampak pada enam penerbangan pesawat di antaranya mulai dari dua penerbangan yang harus divert ke Banjarmasin dan Makassar yaitu pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 560 rute Jakarta – Balikpapan.

Halaman
123
Penulis: Zainul
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved