Kesehatan

Bukan 'Burung', Ajari Anak Sebut Organ Intim dengan Nama Sebenarnya

Untuk menyebut penis misalnya, biasanya orangtua menyebutnya “burung” atau pun nama lain yang berbeda-beda, karena menganggap nama organ itu “kotor”.

Bukan 'Burung', Ajari Anak Sebut Organ Intim dengan Nama Sebenarnya
Statistic Brain
Ilustrasi - Bukan 'Burung', Ajari Anak Sebut Organ Intim dengan Nama Sebenarnya 

TRIBUNKALTIM.CO - Sejak kecil anak tentu akan diajarkan nama-nama bagian tubuhnya, seperti tangan, kaki, mata, atau hidung.

Namun, untuk bagian tubuh yang bersifat pribadi seperti organ reproduksi, banyak orangtua yang memilih memakai istilah atau kata lain.

Untuk menyebut penis misalnya, biasanya orangtua menyebutnya “burung” atau pun nama lain yang berbeda-beda, karena menganggap nama organ itu “kotor” atau kurang sopan.

Padahal, orangtua seharusnya membiasakan anak menyebut langsung alat-alat reproduksi manusia.

Hal ini merupakan bagian dari pendidikan seks sejak awal.

Menurut edukator seks Melissa Carnagey, diskusi menganai bagian tubuh dan aturan untuk menjaga bagian intim tubuh merupakan bagian dari pemahaman akan kesehatan seksual dan reproduksi.

“Pembicaraan tentang pemahaman bagian tubuh adalah diskusi yang bisa dilakukan orangtua untuk mendukung kesehatan dan keamanan anak, termasuk secara seksual,” katanya seperti dikutip Huffpost.

Psikolog dan edukator seks Lydia M.Bowers mengatakan, bagian intim tubuh seharusnya disebut seperti bagian tubuh lain.

Ia mengatakan, dengan memakai istilah atau nama yang benar untuk organ intim, anak bisa mengomunikasikan dengan jelas tentang tubuhnya.

“Hal ini penting dalam konteks menceritakan pada dokter atau orangtuanya jika ada bagian yang sakit. Kelak mereka juga akan lebih percaya diri untuk bertanya tentang perubahan tubuh yang dialami saat menginjak usia pubertas,” kata Bowers.

Halaman
12
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved