Copa America 2019

Laga Pembuka Copa America 2019, Keberuntungan Baru Seragam Putih Brasil, Bukti Jungkalkan Bolivia!

Ada keberuntungan? Tim sepak bola dari Brasil bisa mengalahkan Bolivia 3-0 pada laga pembuka Copa America 2019 di Stadion Morumbi, Sao Paolo.

Laga Pembuka Copa America 2019, Keberuntungan Baru Seragam Putih Brasil, Bukti Jungkalkan Bolivia!
PEDRO UGARTE / AFP
Striker Bolivia Marcelo Martins (kanan) dikawal gelandang bertahan Brasil Casemiro pada laga pembuka Grup A Copa America 2019 antara tuan rumah Brasil dan Bolivia di Stadion Morumbi, Sao Paulo, Brasil, Sabtu (15/6/2019) pagi WIB. Ada keberuntungan? Tim sepak bola dari Brasil bisa mengalahkan Bolivia 3-0 pada laga pembuka Copa America 2019 di Stadion Morumbi, Sao Paolo. 

SAO PAULO – Kabar sepak bola, event Copa America 2019. Tim nasional Brasil membuktikan bahwa warna putih tidak lagi mendatangkan kesialan namun ada keberuntungan.

Sebaliknya, dengan berseragam putih untuk pertama kalinya sejak tahun 1957, tim ”Samba” Brasil, bisa mengalahkan Bolivia 3-0 pada laga pembuka Copa America 2019 di Stadion Morumbi, Sao Paolo, Sabtu (15/6/2019) pagi WIB.

Nah, Brasil berharap seragam berupa atasan warna putih dan celana biru itu dapat menjadi keberuntungan baru.

Sejarah membuktikan, seragam serupa pernah dipakai tim Brasil saat meraih trofi Kejuaraan Amerika Selatan (kini disebut Copa America) pada tahun 1919 atau tepat satu abad yang lalu.

Namun, setelah tahun 1957, Brasil menganggap warna putih justru mendatangkan kesialan dan kemudian mengganti warna seragam menjadi kuning dan biru.

Penyebabnya adalah kekalahan Brasil dari Uruguay pada final Piala Dunia 1950 dan dari Paraguay pada final Copa America 1953.

Pada kedua laga tersebut, Brasil mengenakan seragam warna putih.

Sebagai negara yang cukup akrab dengan hal-hal berbau mistis, masalah warna menjadi begitu penting bagi Brasil. Warna putih dianggap sebagai simbol bahaya dan kegagalan selama lebih dari 60 tahun. Hingga pada akhirnya, mereka berani kembali memakai seragam warna putih pada laga kontra Bolivia.

Stadion Morumbi, Sao Paolo, Brasil tempat laga perdana Copa America 2019 digelar.
Stadion Morumbi, Sao Paolo, Brasil tempat laga perdana Copa America 2019 digelar. (copaamerica.com)

Lagipula warna kuning tampaknya tidak lagi memberikan keberuntungan bagi Tim Samba, Brasil.

Dengan berseragam kuning, mereka terakhir kali bisa menjuarai Copa America pada tahun 2007 dan terakhir kali menjuarai Piala Dunia pada tahun 2002.

Halaman
123
Editor: Budi Susilo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved