Masyarakat Diminta Aktif Gotong Royong, BMKG Prediksi Hujan Deras di Penajam Hingga 19 Juni 2019

Hujan yang mengguyur wilayah Penajam Paser Utara (PPU) sejak dini hari pada Senin, (17/6/2019) menyebabkan beberapa kawasan kembali terendam air.

Masyarakat Diminta Aktif Gotong Royong, BMKG Prediksi Hujan Deras di Penajam Hingga 19 Juni 2019
HO/ Pusdalops BPBD PPU
Air yang merendam Desa Sebakung Jaya dan Rawa Mulia Kecamatan Babulu pagi tadi akibat hujan yang mengguyur Kabupaten PPU sejak dini hari. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Hujan yang mengguyur wilayah Penajam Paser Utara (PPU) sejak dini hari pada Senin, (17/6/2019) menyebabkan beberapa kawasan kembali terendam air.

Meski tidak parah, rendaman air tersebut tetap menghambat aktivitas masyarakat.

Seperti diketahui, apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi cukup lama, wilayah di Kabupaten PPU rentan terendam air.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PPU, melalui Kepala Sub-Bidang Logistik dan Peralatan, Hj. Nurlaila mengatakan, sejak pagi tadi, beberapa laporan telah masuk ke pihaknya.

"Sejak kejadian hujan subuh tadi, ada beberapa laporan banjir yang masuk yakni di Desa Sesulu Kecamatan Waru, RT 17 Beringin Setya Desa Babulu Darat, RT 15 dan RT 16 Kelurahan Gunung Seteleng, Kecamatan Penajam," bebernya.

Selain itu, Desa Sebakung Jaya Kecamatan Babulu, Kelurahan Petung, Kelurahan Lawe-Lawe juga sebagian ada yang terendam.

Yang paling parah, lanjut Nurlaila yakni di RT 15 dan RT 16 Kelurahan Gunung Seteleng dan Desa Rawa Mulia Kecamatan Babulu, karena air sudah masuk kedalam rumah.

"Air sudah masuk ke dalam rumah sekitar 3 sampai 5 rumah. Kalau yang lain masih aman, hanya merendam halaman saja," lanjutnya.

BPBD mengimbau kepada masyarakat PPU, karena cuaca akhir-akhir ini lumanyan ekstrem, agar selalu bersiap dan meningkatkan kewaspadaan, apalagi bagi daerah-daerah yang rawan terendam air.

Menurut data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalimantan Timur, diprediksikan hingga 3 hari ke depan, cuaca di Kabupaten PPU dibayang-bayangi hujan deras.

Halaman
12
Penulis: Heriani AM
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved