Aksi Yusril di Sidang MK, Kutip Hadist dan Ayat Al Quran An Nisa 135, Begini Makna Lengkapnya

Ketua Tim Hukum TKN Jokowi_maruf, Yusril Izha Mahendra mengutip hadist dan ayat Al Quran di sidang sengketa Pilpres 2019, di Mahkamah Konstitusi

TRIBUNKALTIM.CO, - Ketua Tim Hukum TKN Jokowi-Maruf, Yusril Izha Mahendra beraksi di sidang lanjutan sengketa Pilpres 2019, di Mahkamah Konstitusi, Selasa (18/6/2019).

Pakar hukum tata negara ini melengkapi aksinya dengan menukil hadist Nabi Muhammad SAW, dan mengutip ayat-ayat Al Quran.

Nukilan hadits tersebut disampaikan Yusril Izha Mahendra sebelum menutup keterangan dari tim hukum Jokowi-Maruf.

Diketahui, hadits yang dilafalkan oleh Yusril Izha Mahendra adalah hadits yang diriwayatkan oleh Al Baihaqqi.

Yusril Izha Mahendra menilai, hadits tersebut cukup relevan jika dibacakan dalam sidang lanjutan sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi, hari ini.

Pasalnya, agenda sidang hari ini adalah pengesahan alat bukti.

Selain itu, sidang juga mengagendakan untuk mendengar keterangan dari termohon (KPU), pihak terkait (tim hukum Joko Widodo-Ma'ruf Amin) dan pihak Bawaslu.

Berikut Kutipan Lengkap haditsnya.

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

لو يُعْطَى الناسُ بدعواهُم لادّعَى قومٌ دماءَ قومٍ وأموالهُم ، ولكنّ البيّنَة على المُدّعِي ، واليمينُ على من أنكرَ حديث حسن رواه البيهقي وغيره هكذا وبعضه في الصحيحين

“Jika semua orang diberi hak (hanya) dengan dakwaan (klaim) mereka (semata), niscaya (akan) banyak orang yang mendakwakan (mengklaim) harta orang lain dan darah-darah mereka.

Halaman
1234
Editor: Rafan Arif Dwinanto
Sumber: Tribun Solo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved