Pemilu 2019

Pemilu 2019 Bawaslu Balikpapan Tangani 10 Perkara, Satu Perkara Masih Dalam Proses, Yakni Soal Ini

Bawaslu Kota Balikpapan menangani sebanyak 10 perkara Pemilu 2019. Yakni lima perkara aas temuan dan lima perkara atas dasar laporan Pemilu 2019.

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pada Pemilu 2019 lalu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Balikpapan menangani sebanyak 10 perkara Pemilu 2019.

Yakni lima perkara aas temuan dan lima perkara atas dasar laporan Pemilu 2019 tersebut.

Hal tersebut diungkapkan, anggota Bawaslu Kota Balikpapan divisi penyelesaian sengketa proses pemilu, Dedi Irawan kepada Tribunkaltim.co, Rabu (19/6/2019).

Dikatakan Dedi, sebanyak 10 perkara yang telah ditangani oleh Bawaslu Kota Balikpapan selama berjalannya pemilu 2019 lalu.

Diakuinya, terdapat lima temuan yang telah selesai di tanganinya, salah satunya seperti tuduhan penculikan kotak suara di hotel mega lestari.

"Lima temuan itu sudah selesai semua," ujarnya.

Namun ucap Dedi, pada lima laporan perkara pemilu 2019, masih terdapat satu laporan yang masih berjalan, yakni laporan dari PDIP terkait adanya dugaan penggelembungan suara yang dilakukan oleh salah satu caleg di internal partainya sendiri.

"Besok perkara itu sudah masuk pembahasan kedua di Gakkumdu. Jadi lebih jelasnya ada di Sentra Gakkumdu," ungkapnya.

Ia menambahkan, pada penyelenggaraan pemilu 2019 lalu, di kota Balikpapan tidak ada peserta pemilu yang melakukan gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK).

Namun pihaknya tetap melakukan penghimpunan kinerja jajaran Bawaslu kota Balikpapan guna pemberian keterangan di MK.

Halaman
123
Penulis: Aris Joni
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved