Penanganan Longsor dan Jembatan RT 02 Lawe-Lawe Dilakukan Setelah Koordinasi dengan PHKT

Ia mengaku was-was jika harus menyeberang menggunakan jembatan tersebut, karena kedua sisinya sudah amblas dan rusak.

Penanganan Longsor dan Jembatan RT 02 Lawe-Lawe Dilakukan Setelah Koordinasi dengan PHKT
Pusdalops BPBD PPU
Kondisi jembatan kayu yang mengalami penurunan fungsi akibat longsor. Saat ini hanya bisa dilalui kendaraan roda dua dan berjalan kaki. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Longsor yang terjadi di RT 02 Kelurahan Lawe-Lawe, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) pekan lalu, dikhawatirkan akan bertambah parah jika tidak segera ditangani.

Longsor tersebut menyebabkan susutnya tanah galian parit sepanjang 9 meter, retaknya bagian dapur dan kamar mandi rumah salah satu warga, serta menurunkan fungsi jembatan penghubung yang sehari-hari dilewati warga.

Salah satu warga RT 02, Siti Ainun, mengatakan, hujan yang hampir setiap hari melanda wilayah Benuo Taka, khususnya di Kelurahan Lawe-Lawe, dikhawatirkan akan merendam rumah warga jika saluran pengairan tidak segera diperbaiki.

"Tekstur tanah di daerah sini pasir berlumpur. Apabila kena hujan lebat dan lama, saya khawatir tanah tersebut tidak bisa membendung debit air," ungkapnya.

Jembatan pun demikian.

Ia mengaku was-was jika harus menyeberang menggunakan jembatan tersebut, karena kedua sisinya sudah amblas dan rusak.

Padahal, jembatan tersebut menjadi akses masyarakat karena sebagian rumah harus melalui jembatan tersebut.

Masyarakat yang memiliki kebun juga harus melalui jembatan serta terdapat pondok pesantren yang akses terdekatnya melewati jembatan kayu tersebut.

"Saat ini hanya bisa dilewati kendaraan roda dua dan berjalan kaki," tambah Siti Ainun.

Saat dikonfirmasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PPU, melalui Kepala Sub Bidang Logistik dan Peralatan, Nurlaila, menyampaikan bahwa longsor di RT 02 Kelurahan Lawe-Lawe akan segera ditangani setelah melakukan koordinasi dengan PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT).

Halaman
12
Penulis: Heriani AM
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved