Antisipasi Dini, BPBD Berau Susun Kajian dan Peta Risiko Bencana

Pemetaan ini merupakan salah satu bentuk antisipasi menghadapi bencana yang mungkin terjadi.

Antisipasi Dini, BPBD Berau Susun Kajian dan Peta Risiko Bencana
TRIBUN KALTIM / GEAFRY NECOLSEN
BPBD Berau mulai melakukan pemetaan dan pendataan kawasan-kawasan rawan bencana. Data ini menjadi acuan bagi pemerintah untuk mengambil langkah antisipasi serta melakukan tindakan yang cepat dan tepat ketika musibah terjadi. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Bencana banjir yang terjadi di sejumlah daerah di Kalimantan Timur, seperti Kota Bontang, Kabupaten Kutai Timur, Mahakam Ulu, Kota Samarinda, dan Balikpapan, menjadi pelajaran bagi Pemkab Berau untuk melakukan antisipasi.

Meski banjir tak separah dan seluas di daerah lain di Kalimantan Timur, namun upaya-upaya pencegahan harus dilakukan.

Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDD) Kabupaten Berau, Kamis (20/6/2019) mulai melakukan penyusunan kajian risiko bencana dan peta risiko bencana.

Pemetaan ini merupakan salah satu bentuk antisipasi menghadapi bencana yang mungkin terjadi.

Kepala BPBD Berau, Thamrin mengatakan, selain pemetaan, juga diperlukan pemahaman mengenai kondisi wilayah-wilayah yang rawan bencana. 

Plus langkah-langkah yang diambil untuk menghadapi bencana tersebut.

“Dari pemetaan itu, diharapkan muncul kebijakan-kebijakan strategis untuk siap sedia dalam mengatasi bencana yang terjadi, seperti pemberian pemahaman kepada masyarakat serta sosialisasi dini menghadapi becana yang mungkin terjadi. Mengingat potensi bencana yang bisa saja terjadi kapan pun dan di mana saja,” ujarnya.

Di Kabupaten Berau, potensi bencana yang mungkin terjadi di antaranya musibah kebakaran, banjir, dan tanah longsor.

Sementara itu, Bupati Berau, Muharram mengatakan, pemetaan kawasan rawan bencana ini memang diperlukan, terutama bagi pemerintah untuk melakukan langkah antisipasi, juga respon yang cepat dan tepat ketika terjadi bencana.

“Dengan adanya peta bencana serta analisis bencana yang ada ini, memberikan kemudahan bagi pemerintah untuk selalu waspada dan bersiap menghadapinya. Dengan adanya kesiapan ini tentu ada langkah-langkah yang bisa dilakukan nantinya jika bencana tersebut terjadi,” tegasnya.

Halaman
12
Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved