Masyarakat Usul SPBU Beroperasi 24 Jam, Ini Tanggapan Pertamina

Menurutnya, di Kabupaten Berau tidak terjadi kelangkaan BBM. Meski diakuinya masalah terberat adalah aktivitas pengetap yang menguasai SPBU.

Masyarakat Usul SPBU Beroperasi 24 Jam, Ini Tanggapan Pertamina
TRIBUN KALTIM / GEAFRY NECOLSEN
Guna mengatasi masalah antrean panjang di SPBU, masyarakat melalui Pemkab dan DPRD Berau mengusulkan agar SPBU beroperasi 24 jam. Namun Pertamina mengaku tidak memiliki kewenangan untuk meminta pemilik SPBU untuk beroperasi 24 jam. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Sulitnya mendapat Bahan Bakar Minyak (BBM) membuat masyarakat Berau meminta pemerintah segera mendesak PT Pertamina agar mengarahkan operator atau pemilik Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) memberikan pelayanan 24 jam.

Usulan ini tidak hanya diajukan masyarakat melalui berbagai jenis media sosial, namun juga disampaikan oleh anggota DPRD Berau, Kamarudin, saat menggelar rapat dengar pendapat dengan PT Pertamina.

Kasubag Bina Perekonomian, Bagian Perekonomian Setkab Berau, Indah Ariani juga berjanji akan menyampaikan usulan tersebut ke PT Pertamina.

Sementara itu, Sales Executive PT Pertamina wilayah Kalimantan Utara yang juga membawahi wilayah Berau, kepada Tribunkaltim.co Kamis (20/6/2019) membenarkan, usulan tersebut telah disampaikan kepada pihaknya.

“Bahkan sudah kami lakukan uji coba selama satu bulan, SPBU Rinding buka 24 jam,” kata Andi Reza.

Namun dari hasil uji coba tersebut, kata Reza, penjualan semua jenis BBM justru mengalami penurunan.

“Laporan dari pemilik SPBU, penjualannya menurun. Memang ada yang beli BBM jam 1 dini hari, tapi jumlah pembelinya tidak banyak,” ungkapnya. Kondisi ini menurut Reza, merugikan pemilik SPBU.

“Karena untuk biaya operasional 24 jam itu, pemilik SPBU harus membayar biaya listrik, membayar gaji karyawan dan sebagainya. Sementara hasil penjualannya tidak banyak,” bebernya.

Terlebih lagi, Reza mengatakan, jam operasional SPBU ditentukan oleh pemiliknya sendiri.

“Layanan 24 jam itu tergantung pemilik SPBU, waktu uji coba 24 jam selama sebulan itu sebenarnya kami (Pertamina) hanya meminta bantuan saja, untuk kelancaran arus mudik,” katanya lagi.

Halaman
12
Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved