Telkom Witel Samarinda Keluarkan Dana tuk Modal 36 UMKM Mitra Binaan, Begini Hasilnya

Telkom Witel Samarinda, Didik Hariyanto mengatakan, selama Triwulan II Tahun 2019 ini, PT Telkom Witel Samarinda telah melakukan pencairan dana.

Telkom Witel Samarinda Keluarkan Dana tuk Modal 36 UMKM Mitra Binaan, Begini Hasilnya
TribunKaltim.Co/Aditya Rahman Hafidz
Slamet Riyanto Pardi, GM Telkom Witel Samarinda (kanan) berfoto bersama usai melakukan penyerahan saluran dana pinjaman Community Development Center (CDC) Witel Samarinda kepada tiga perwakilan UMKM mitra binaannya, pada Kamis (20/6) di Gedung Telkom A Yani, Jalan Ahmad Yani, Samarinda. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Telkom Witel Samarinda melakukan penyerahan saluran dana pinjaman Community Development Center (CDC) Witel Samarinda kepada UMKM mitra binaannya, pada Kamis (20/6) di Gedung Telkom A Yani, Jalan Ahmad Yani, Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. 

Dengan mengundang sekitar 20 mitra binaannya, penyaluran dana pinjaman CDC yang merupakan bagian dari program corporate social responsibility (CSR) tersebut diberikan untuk memberi modal usaha kepada mitra binaan dalam wilayah kerja Telkom Witel Samarinda, yaitu Samarinda, Bontang, Sangatta, Tenggarong, Kutai Barat hingga Mahulu.

"Pinjaman dana tersebut memang kami berikan murni untuk memberi modal, biaya administrasinya pun hanya 3 persen dan tanpa bunga, untuk membina para UKM di wilayah kami, Telkom Witel Samarinda, agar dapat lebih berkembang lagi usahanya," ujar Slamet Riyanto Pardi, GM Telkom Witel Samarinda kepada TribunKaltim.co.

Selain memberikan pinjaman dana usaha, Slamet Riyanto Pardi juga mengatakan mitra binaannya tersebut juga diberikan pembekalan mengenai manajemen usaha.

Mulai dari manajemen produksi, keuangan, sampai manajemen pemasaran, yang dilakukan di Rumah Kreatif BUMN (RKB), yang berada satu bangunan dengan Gedung Telkom A. Yani.

Dengan harapan usaha kecil menengah tersebut dapat terus berkembang hingga membuat multiplier effect seperti membuka lapangan pekerjaan.

"Selain itu, sesuai dengan visi kami yaitu membawa mereka ke arah digital. Jadi para pelaku UKM itu kami ajari bagaimana untuk berjualan di marketplace kami di Belanja dot com supaya marketnya tidak terbatas hanya disini saja, tetapi dapat mencakup nasional maupun internasional," tuturnya.

Slamet berharap, dengan penyaluran dana CDC tersebut, para pelaku usaha tersebut dapat tumbuh dan berkembang melebihi rata-rata pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

"Kalau misalnya pertumbuhan ekonomi Indonesia 5 atau 6 persen, kami harap mereka mitra binaan kami dapat tumbuh di atas 10 persen sehingga mereka dapat bertahan dan bisa berkembang melakukan ekspansi pasar yang lebih luas lagi," harapnya.

Sementara itu, Manager HR & CDC Telkom Witel Samarinda, Didik Hariyanto mengatakan, selama Triwulan II Tahun 2019 ini, PT Telkom Witel Samarinda telah melakukan pencairan dana kepada 24 mitra binaannya.

Halaman
123
Penulis: Aditya Rahman Hafidz
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved