Terjadi Gangguan Jaringan Internet dan Telepon Akibat Banjir? Ini Cara Pengaduannya

"Di sana teknisi kami standby dan siap melakukan pengecekan dan segera dilakukan perbaikan," tukasnya.

tribunkaltim.co/Nalendro Priambodo
Sebagian Jalan Dr Soetomo, Samarinda persis di sebelah Sungai Karang Mumus, masih tergenang air setinggi mata kaki, Minggu (16/6/2019). Genangan ini, jauh berkurang dibanding beberapa hari sebelum yang bisa capai se-lutut orang dewasa. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Mengantisipasi kembalinya genangan air atau banjir yang melanda Kota Samarinda belakangan ini, Telkom Witel Samarinda tetap siaga di seluruh Sentral Telepon Otomat (STO) atau kantor-kantor Telkom di Samarinda untuk melayani pelanggannya.

Hal tersebut disampaikan oleh GM Telkom Witel samarinda, Slamet Riyanto Pardi, pada Kamis (20/6/2019) di Gedung Telkom A Yani, Jalan Ahmad Yani, Samarinda.

Salah satu bentuk kesiagaan untuk mengantisipasi terjadinya genangan air tersebut, salah satunya dengan cara memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak solar sebagai bahan bakar mesin generator set (genset) sebagai daya sekunder jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik karena banjir.

"Seluruh bahan bakar minyak dan genset kami siagakan untuk mengantisipasi jika terjadi banjir dadakan dan listrik dimatikan untuk alasan keselamatan, sehingga genset harus hidup. Itu sudah kami penuhi sehingga seluruh kantor Telkom tetap bisa melayani pelanggan," kata Slamet.

Selain itu, Slamet Riyanto Pardi juga menyiapkan mobile genset yang siap bergerak sebagai backup jika suatu lokasi terjadi gangguan jaringan akibat banjir dan mati listrik.

Soal banjir yang sebelumnya sempat menggenangi kota Samarinda beberapa hari yang lalu, Slamet Riyanto Pardi mengatakan, secara teknis, layanan jaringan tetap berjalan dengan normal di wilayah Samarinda.

Hanya terdapat beberapa masalah non-teknis yang dialami oleh pelanggan, seperti pemadaman listrik akibat banjir atau perangkat modem pelanggan yang terendam banjir.

"Secara prinsip di sisi kantor STO Telkom aman, sehingga layanan secara umum seperti jaringan seluler aman dan internet normal. Saat ini di beberapa titik kami sudah dalam proses recovery perangkat kami yang terendam banjir," ujarnya.

Untuk melayani masalah yang terjadi pada pelanggannya, Telkom Witel Samarinda juga membuka posko-posko untuk menerima laporan gangguan jaringan akibat banjir di beberapa titik di wilayah kerjanya yang terdampak banjir yang terbilang cukup besar, di antaranya ada di daerah Bengkuring Samarinda Utara, Mahakam Hulu dan Bontang.

"Di sana teknisi kami standby dan siap melakukan pengecekan dan segera dilakukan perbaikan," tukasnya.

Halaman
12
Penulis: Aditya Rahman Hafidz
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved