Beredar Kabar di Medsos, Kas Negara Kosong karena Pembayaran THR & Gaji PNS, Ini Penjelasan Kemenkeu

Kabar di media sosial ini membuat warganet bertanya-tanya, benarkah ada kekosongan kas negara setelah pembayaran THR dan gaji PNS.

Beredar Kabar di Medsos, Kas Negara Kosong karena Pembayaran THR & Gaji PNS, Ini Penjelasan Kemenkeu
www.kemenkeu.go.id
Kementerian Keuangan 

TRIBUNKALTIM.CO - Di media sosial beredar kabar kas negara kosong karena pembayaran Tunjangan Hari Raya dan gaji PNS. 

Kabar di media sosial ini membuat warganet bertanya-tanya, benarkah ada kekosongan kas negara setelah pembayaran THR dan gaji PNS.

Di media sosial, ada unggahan yang memberikan informasi tentang posisi kas negara yang kosong karena pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji PNS.

Akibat kekosongan kas negara, ada keterlambatan pencairan restitusi pajak di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

Klaim    : kas negara kosong karena pembayaran THR dan gaji pegawai sehingga menghambat pencairan restitusi pajak.
Rating   : salah/disinformasi

Berikut ini penjelasan Kementerian Keuangan melalui Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan.

Marwanto Harjowirjono, Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan memastikan, kas negara dalam keadaan aman dan mampu membiayai berbagai proyek pemerintah yang sudah dialokasikan dalam APBN.

Rabu (19/6/2019) Marwanto saat dihubungi mengatakan, "Posisi kas negara saat ini dalam kondisi aman. Pencairan berbagai tagihan atas kegiatan dan proyek yang dibiayai oleh APBN dapat diselesaikan dengan baik." 

Pengelolaan kas negara, seperti yang disampaikan Marwanto telah dilakukan secara terpusat melalui Treasury Single Account (TSA) dan tidak lagi dioperasikan Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).

Dengan kondisi itu, ia menegaskan, posisi kas negara saat ini tidak dalam keadaan kosong seperti kabar yang sempat beredar di masyarakat dalam beberapa hari terakhir.

Halaman
1234
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved