Harga Tiket Penerbangan Murah Turun, Berlaku mulai Pekan Depan, Tarif Ditentukan Maskapai

Pemerintah kembali menurunkan tarif tiket pesawat terbang. Kebijakan ini adalah yang kedua dilakukan.

Harga Tiket Penerbangan Murah Turun, Berlaku mulai Pekan Depan, Tarif Ditentukan Maskapai
ANTARA/AJI STYAWAN
ILUSTRASI. Area check-in atau konfirmasi tiket pesawat di bandara 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Pemerintah kembali menurunkan tarif tiket pesawat terbang.  Kebijakan ini adalah yang kedua dilakukan. Sebelumnya Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Udara melakukan penyesuaian tarif baru tiket pesawat berdasarkan Surat Keputusan Menteri Nomor 106 Tahun 2019 yang dirilis 16 Mei 2019.

Dalam aturan itu, pemerintah telah menurunkan besaran tarif batas atas (TBA) di seluruh rute maskapai untuk kelas ekonomi angkutan udara niaga berjadwal.

Maskapai yang akan terdampak penurunan TBA ini ialah armada jenis jet dengan kelas full service, middle service, dan low cost carrier atau LCC.

Tarif batas atas yang diatur dalam peraturan anyar itu seluruhnya turun 12-16 persen dari besaran yang ditetapkan sebelumnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution kemarin menggelar rapat koordinasi (Rakor) terkait evaluasi kebijakan penurunan kembali tarif tiket pesawat di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta.

Trik penerbangan kota tersembunyi ternyata bisa membuat harga tiket pesawat menjadi lebih murah
Trik penerbangan kota tersembunyi ternyata bisa membuat harga tiket pesawat menjadi lebih murah (kolase INFOPERBANKAN.COM, rebelcircus.com)

Menko Darmin mengundang Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan beberapa stakeholder terkait.

Hasilnya, harga tiket maskapai low cost carrier (LCC/penerbangan murah) domestik kembali diturunkan.

"Kita lihat ada inefesiensi sehingga kita ingin menurunkan lagi tarif baik LCC maupun keseluruhan, itu limitnya sudah sangat dekat. Oleh karena itu kita memilih jalan (menurunkan, red) untuk bantu masyarakat dengan cara menentukan jadwal penerbangan yang tarifnya murah," kata Darmin.

Meski begitu Menko Darmin belum ingin menyampaikan berapa presentase yang diturunkan tersebut. Disebutnya, kewenangan pengumuman itu diserahkan kepada masing-masing maskapai penerbangan.

"Memang masih ada ruang tapi tidak besar sekali. Berapanya nanti seminggu dari sekarang," paparnya.

Halaman
1234
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved