Pilkada Serentak 2020

Ketua KPU Kaltim Berharap Kerjasama KPU Balikpapan dan Kejaksaan Tidak Hanya Sebatas MoU

Ketua KPU Kaltim anggap langkah yang ditempuh KPU Balikpapan yang mendapat pendampingan dari kejaksaan patut dicontoh KPU lainnya.

Ketua KPU Kaltim Berharap Kerjasama KPU Balikpapan dan Kejaksaan Tidak Hanya Sebatas MoU
TRIBUN KALTIM/ Aris Joni
Ketua KPU Provinsi Kaltim, Rudiansyah 

TRIBUNKALTIM.CO, SURABAYA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kaltim, Rudiansyah menanggapi proses kerjasama atau MoU antara KPU Kota Balikpapan dengan Kejaksaan Negeri Balikpapan pada persiapan pilkada serentak 2020 mendatang.

Diketahui, kota Balikpapan pada pilkada serentak 2020 mendatang juga akan melaksanakan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwali) Balikpapan.

Selama mengikuti studi banding di KPU Kabupaten Sidoarjo dan KPU Kota Surabaya, Ketua KPU Provinsi Kaltim, Rudiansyah banyak mendapat masukan dan informasi.

Terkait pendampingan dari kejaksaan ke KPU dalam penggunaan dana pilkada dan pemilu.

Dikatakan Rudiansyah, dirinya mengaku banyak mendapatkan informasi dan bahan yang dapat diaplikasikan di Kaltim dalam konteks kerjasama antara KPU dan Kejaksaan ini.

Ia menjelaskan, di KPU Kabupaten Sidoarjo telah melakukan MoU dengan Kejaksaan sudah lama dan mendapat pendampingan hukum baik dalam proses penggunaan anggaran maupun sengketa pemilu atau pilkada.

Lanjut dia, sedangkan di KPU Kota Surabaya dirinya juga mendapatkan informasi yang cukup penting terkait kerjasama antara KPU dan Kejaksaan.

Ternyata, ucap Rudi, fungsi Kejaksaan dalam pendampingan tersebut dinilainya cukup efisien, karena dapat membantu program-program KPU dalam bidang hukum.

Bahkan ucap dia, di KPU Kota Surabaya, kejaksaan dapat menjadi konsultan hukum dan dilibatkan menjadi narasumber di tiap kegiatan KPU yang berhubungan dengan hukum.

"Kerjasama ini cukup efektif, Bisa juga kita aplikasikan di Kaltim.

Halaman
123
Penulis: Aris Joni
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved