Konsumsi Masyarakat Saat Puasa & Lebaran Meningkat, Ekonomi Kaltim Triwulan II 2019 Diprediksi Naik

Terjadi peningkatan konsumsi masyarakat selama Ramadhan dan Lebaran 2019, ekonomi Kaltim triwulan II 2019 diperkirakan akan naik.

Konsumsi Masyarakat Saat Puasa & Lebaran Meningkat, Ekonomi Kaltim Triwulan II 2019 Diprediksi Naik
TRIBUN KALTIM / ZAINUL
Ikan segar yang dijual pedagang di pasar Klandasan Balikpapan, Kalimantan Timur 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Bank Indonesia memperkirakan ekonomi Kaltim triwulan II 2019 akan tumbuh stabil.

Bahkan cenderung meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya.

Peningkatan kinerja ekonomi Kaltim triwulan II 2019 diperkirakan bersumber dari peningkatan konsumsi masyarakat selama Ramadhan 2019, Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri dan libur panjang sekolah yang terjadi pada triwulan II 2019.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Tim Advisory Ekonomi dan Keuangan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw-BI) Kaltim Harry Aginta, pada Sabtu (22/6).

Harry Aginta mengatakan, hal tersebut juga didasari oleh pembayaran Tunjangan Hari Raya pada triwulan II 2019, yang diperkirakan akan mendorong daya beli masyarakat Kaltim.

Tetapi, di sisi lapangan usaha, kinerja lapangan usaha pertambangan diperkirakan akan tumbuh lebih rendah lantaran pada triwulan II 2019 sudah memasuki musim hujan.

"Kinerja lapangan usaha utama pertambangan diperkirakan tumbuh lebih rendah.

Disebabkan oleh normalisasi produksi pertambangan nonmigas seiring dengan musim hujan yang mulai terjadi pada triwulan II 2019," ujar Harry.

Di sisi lain, kinerja industri pengolahan diperkirakan kembali meningkat yang didukung oleh industri CPO pascaimplementasi kebijakan B20 yang diberlakukan sejak September 2018 yang lalu.

Lebih lanjut, peningkatan kinerja konsumsi rumah tangga diperkirakan akan tercemin dari pergerakan kinerja lapangan usaha perdagangan, akomodasi dan makan minum.

Halaman
123
Penulis: Aditya Rahman Hafidz
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved