Berita Pemkab Kutai Barat

Hadiri Ulang Tahun Kampung Tering Lama Ke-659, Bupati FX Yapan Berpesan Jaga Harmonisasi

Acara puncak ulang tahun Tering Lama atau lebih dikenal oleh etnis Bahau "Umaa Hwang Triing" ke-659 diperingati secara meriah.

Hadiri Ulang Tahun Kampung Tering Lama Ke-659, Bupati FX Yapan Berpesan Jaga Harmonisasi
HUMASKAB KUBAR
Bupati Kubar FX Yapan hadir didampingi sejumlah pejabat eselon Pemkab Kubar. Ia disambut dengan pemasangan gelang manik, kopiah dan selempang oleh adat setempat di depan gerbang masuk Kampung Tering Lama, Kecamatan Tering, Minggu (23/6/2019). 

SENDAWAR - Acara puncak ulang tahun Tering Lama atau lebih dikenal oleh etnis Bahau "Umaa Hwang Triing" ke-659 diperingati secara meriah.

Bupati Kubar FX Yapan hadir didampingi sejumlah pejabat eselon Pemkab Kubar disambut dengan pemasangan gelang manik, kopiah dan selempang oleh adat setempat di depan gerbang masuk Kampung Tering Lama, Kecamatan Tering, Minggu (23/6/2019).

Sambutan semakian meriah dengan berbagai atraksi tarian dari etnis Bahau.

Bupati FX Yapan mengucapkan selamat ulang tahun Umaa Hwang Triing ke-659 dengan harapan segenap sukacita yang tengah kita rasakan dan rayakan pada saat ini semakin memperteguh kebersamaan kita teristimewa menyongsong "Hari Esok Kutai Barat Yang Lebih Baik daripada Hari Ini".

Usia ke-659 adalah bukan lagi usia muda melainkan usia yang sudah sangat tua. Tentunya keberadaan kampung ini memberikan arti bagi seluruh masyarakat Tering, terutama sejarah perjuangan merintis keberadaan kampung ini mulai dari dahulu kala. Jasa dan jerih lelah para sesepuh atau tetua ini membangun penghidupan sudah sepatutnya kita hargai.

Sejarah telah membuktikan bahwa keberadaan kampung ini bahkan telah ada sebelum wilayah NKRI ini merdeka. Yang artinya bahwa kekuatan persatuan dan kesatuanlah yang memerdekakan kita.

Hendaknya semangat juang inilah yang dapat menjadi bekal dan pedoman kita dalam melangsungkan kehidupan baik bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Lanjut Yapan perbedaan kultur, multi etnis ini hendaknya memperkaya kita. Pengalaman hidup terutama dalam membina persatuan dan kesatuan serta harmonisasi hidup ini semakin mematangkan kita semua dalam meraih dan mengisi kemerdekaan.

"Sekali Lagi saya ucapkan Dirgahayu Umaa Hwang Triing ke-659, semoga diusianya ini semakin mematangkan kampung ini untuk lebih mengembangkan potensi daerah, memaksimalkan peran masyarakat, peran perempuan di kampung ini demi mencapai kesejahteraan bersama," kata Bupati.

Kegembiraan ini hendaknya tidak hanya semata-mata terlihat dengan semangat akan suksesnya rangkaian acara disini akan tetapi hal ini menandakan perjuangan kita belum berakhir untuk memajukan wilayah Kampung Tering Lama ini sebab melalui jalinan sinergitas seluruh elemen masyarakat.

Ketua Panitia Bernadus Hului menjelaskan acara puncak "Umaa Hwang Triing" ke-659, adalah acara rutin yang kita adakan setiap tahun sebagai ucapan syukur kapada Tuhan atas usia Kampung Tering.

Rangkaian acara ulang tahun diisi dengan berbagai kegiatan di antaranya seminar, pameran dan ditutup dengan perayaan adat kayau.

"Saya atas nama panitia mengucapkan terimakasih kepada Bupati Kubar FX Yapan dan rombongan, Camat, Petinggi, Lembaga Adat Kebupaten, Lembaga Adat Kecamatan, Lembaga Adat Kabupaten dan rekan panitia yang telah merencanakan dan mempersiapkan serta mensukseskan kegiatan ini dengan baik," ucapnya. (advertorial/hms36)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved