Opini

Hoax pun Masuk Rumah Ibadah

Berita bohong (hoax) di media sosial berupa meme, kutipan hingga foto dan video banyak bertebaran di media sosial, sejak maraknya pengguna medsos

Hoax pun Masuk Rumah Ibadah
HO
DR. Pitoyo. MKom, Praktisi Media dan Pemerhati Komunikasi Antaramanusia 

Oleh: Dr. Pitoyo, M.IKom
Praktisi Media dan Pemerhati Komunikasi Antarmanusia

TRIBUNKALTIM.CO - Berita bohong (hoax) di media sosial berupa meme, kutipan hingga foto dan video banyak bertebaran di media sosial, sejak maraknya pengguna media sosial di jagad ini.

Hoax makin subur ketika pengguna media sosial tidak memperhatikan kaidah sebuah berita yang akurat.

Bahkan ada kecenderungan di masyarakat bahwa setiap berita yang diunggah di media sosial dianggap sebagai sebuah berita akurat dan aktual.

Kurangnya kesadaran dalam memfilter informasi di media sosial inilah yang menjadi masalah baru di negeri kita tercinta ini.

Adanya kebiasaan menyebarkan berita bohong di masyarakat ini disebabkan oleh beberapa hal; Pertama, kurangnya pengetahuan dalam membedakan antara berita yang akurat dan aktual dengan berita bohong.

Kedua, kurangnya sikap hatihati dalam menyebarkan berita tanpa lebih dahulu mencari rujukan yang tepat.

Wakil Gubernur Kaltara H Udin Hianggio saat menghadiri sarasehan dan pernyataan sikap menolak hoax dan ujaran kebencian pasca Pemilu 2019 gelaran FKUB Kaltara, Selasa (14/5/2019).
Wakil Gubernur Kaltara H Udin Hianggio saat menghadiri sarasehan dan pernyataan sikap menolak hoax dan ujaran kebencian pasca Pemilu 2019 gelaran FKUB Kaltara, Selasa (14/5/2019). (HUMASPROV KALTARA)

Ketiga, rasa ingin menjadi orang pertama yang mengetahui berita yang dianggap benar lalu menyebarkannya.

Keempat, ketidakpahaman tentang bahaya bagi diri sendiri dan orang lain tentang dampak menyebarkan berita bohong.

Kelima, adanya keberpihakan pada kelompok tertentu sehingga ketika ada berita yang menyudutkan kelompok lain dianggap sebagai sebuah kebenaran.

Halaman
1234
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved