Tambah Distribusi Air Baku, PDAM Bangun Sumur Baru di Kawasan Prapatan

Kemarin sebelum lebaran sumurnya ditest, rencananya nanti setelah Lebaran ini kami test lagi. Nanti sumur itu bisa disambungkan ke IPA Prapatan

Tambah Distribusi Air Baku, PDAM Bangun Sumur Baru di Kawasan Prapatan
Dok Tribunkaltim
Waduk Manggar, salah satu tampungan air baku di Kota Balikpapan 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - PDAM Kota Balikpapan kembali akan membangun satu sumur baru yang berada di kawasan Prapatan, Balikpapan Kota, Senin (24/6/2019).

Hal tersebut diungkapkan Arief Purnawarman Direktur Teknik PDAM Kota Balikpapan. Sumur yang dibangun tersebut sudah masuk dalam tahap percobaan.

"Kemarin sebelum lebaran sumurnya ditest, rencananya nanti setelah Lebaran ini kami test lagi. Nanti sumur itu bisa langsung disambungkan ke IPA Prapatan," kata Arief Purnawarman Direktur Teknik PDAM Kota Balikpapan.

Sumur itu beroperasi menggunakan listrik, sementara untuk percobaan atau testnya menggunakan genset.

Sumur baru yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas air baku khususnya di wilayah Prapatan hingga Pelayaran itu memiliki kapasitas 10 liter perdetik.

Arief Purnawarman Direktur Teknik PDAM Kota Balikpapan
Arief Purnawarman Direktur Teknik PDAM Kota Balikpapan (Tribunkaltim.co, Siti Zubaidah)

"Nantinya sumur itu bisa membantu penangan distribusi air di Balikpapan. Jadi kita nambah satu sumur untuk penambahan air baku di IPA Prapatan," kata Arief Purnawarman Direktur Teknik PDAM Kota Balikpapan.

Saat ini di kawasan IPA Prapatan sudah ada tiga sumur. Selain untuk menambah air, juga menjadi cadangan air di Balikpapan

"Jadi ada tiga sumur dengan total kapasitasnya 50 liter perdetik. Sumur penggunaan untuk warga eksisting, saat ini luasan area diperpanjang, kita masih analisa jaringannya dulu kira- kira sampai mana, bisa sampai daerah Pelayaran," kata Arief Purnawarman Direktur Teknik PDAM Kota Balikpapan.

Menurutnya, pada saat sumur yang lain lagi ada trobel, salah satu menjadi sumur produksi dan pengganti.

"Kita lihat kapasitasnya, kalau melebih 50 liter per detik tidak mungkin bisa membantu. Posisinya sebagai sumur penambah air baku, tidak menggunakan filter langsung," kata Arief Purnawarman Direktur Teknik PDAM Kota Balikpapan. (dha)

Halaman
12
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved