Cuma Baca Judul Berita dan Langsung Maki Polisi di Medsos, Seorang Pria di Kalbar Ditangkap Polisi

Seorang warga Kecamatan Suhaid, berinisial NA terkait komentar di akun Facebook dengan kata-kata yang tidak pantas terhadap polisi.

Cuma Baca Judul Berita dan Langsung Maki Polisi di Medsos, Seorang Pria di Kalbar Ditangkap Polisi
kolase Tribunnews.com, Sinode GKJ
Ilustrasi hoaks di media sosial 

TRIBUNKALTIM.CO - Satuan Reserse dan Kriminal Polres Kapuas Hulu, Kalbar, menahan seorang warga Kecamatan Suhaid, berinisial NA terkait komentar di akun Facebook dengan kata-kata yang tidak pantas terhadap polisi.

Waka Polres Kapuas Hulu, Kompol Alber Manurung, di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Selasa (25/6/2019) mengatakan, kejadian itu berawal pada Jumat (21/6/2019) sekitar pukul 07.10 WIB, tersangka berkomentar di halaman Facebook untuk akun atas nama Mbok EL.

Akun tersebut membagikan berita Tribun Pontianak dengan judul berita "Polisi temukan ada tanda kekerasan seksual pada balita 1,8 tahun tewas dibunuh".

Kemudian tersangka mengomentari postingan tersebut dengan tulisan yang tindak pantas dan memaki polisi.

Polisi melakukan penyelidikan dan mengamankan pelaku di kediamannya.

Dari hasil pemeriksaan, tersangka mengakui perbuatannya karena memang mengira yang melakukan pembunuhan adalah seorang aparat.

Pelaku tidak membaca link berita sebelum menuliskan komentar di Facebook.

"Jadi tersangka menulis karena mengira aparat yang melakukan kasus pembunuhan, tanpa membaca berita yang dibagikan di Facebook," kata Waka Polres Kapuas Hulu, Kompol Alber Manurung.

Atas kasus tersebut, tersangka dijerat pasal 45 ayat 3 Jo pasal 27 ayat (3) Undang - undang nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang - undang Nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik, dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama empat tahun atau denda paling banyak Rp 750 juta.

"Yang bersangkutan sudah ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana bidang informasi dan transaksi elektronik," kata Manurung.

Halaman
12
Editor: Doan Pardede
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved