Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Festival Kampong Seraong di Jembayan Tengah Digelar Hingga 29 Juni, Saksikan Kemeriahannya!

FKS II yang digelar hingga 29 Juni 2019 itu dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seni dan budaya

Festival Kampong Seraong di Jembayan Tengah Digelar Hingga 29 Juni, Saksikan Kemeriahannya!
HUMASKAB KUKAR
Festival Kampong Seraong (FKS) II Desa Jembayan Tengah Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara telah resmi dibuka oleh Camat Loa Kulu Adriansyah Sabtu (22/6/2019) di panggung halaman Kantor Kepala Desa setempat. Pembukaan ditandai dengan penampilan Tari Seraong. Festival ini akan berlangsung hingga 29 Juni 2019. 

TENGGARONG - Festival Kampong Seraong (FKS) II Desa Jembayan Tengah Kecamatan Loa Kulu, telah resmi dibuka pada Sabtu (22/6/2019) pagi di panggung halaman Kantor Kepala Desa setempat.

FKS II yang digelar hingga 29 Juni 2019 itu dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seni dan budaya, serta kegiatan lainnya diantaranya bersepeda, lomba kicau burung, pentas seni, permainan tradisional, pasar rakyat, itsbat nikah, lomba lukis, beseprah (makan bersama), zumba, lampion, penanaman pohon, hingga tabligh akbar.

Kepala Bidang Pembinaan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Taufik Rahmani membacakan sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah saat membuka acara itu mengatakan menyambut baik FKS II, yang menandakan bahwa masyarakat Desa Jembayan Tengah memiliki semangat kebersamaan, gotong royong dan bersikap terbuka dalam mengembangkan potensi desa yang dimiliki.

"Semangat kebersamaan ini menjadi modal dasar untuk mewujudkan pemberdayaan masyarakat dalam mengelola secara mandiri berbagai potensi yang dimiliki desa," ujarnya.

Disampaikannya, hadirnya festival tersebut dalam konteks kekinian, tidak dapat dipandang sebagai perayaan atau hiburan biasa, maka memerlukan persiapan.

Untuk itu pelaksanaan sebuah festival mesti menjawab apa yang menjadi keinginan dari penyelenggara. Baik siapa saja pesertanya, target pengunjung, hingga sebera besar manfaat ekonomi yang dirasakan masyarakat.

Selanjutnya, penyelenggaraan festival seni budaya semacam ini meskipun berlangsung pada tingkat desa, namun turut berkontribusi kepada daerah, khususnya dalam membangun ekonomi Kreatif Seni Pertunjukan, dimana Kukar telah dietapkan sebagai salah satu Kabupaten Kreatif Seni Pertunjukan di Indonesia.

Bupati berharap penyelenggaraan FKS II mendorong masyarakat untuk secara aktif memetakan potensi desanya, mengelolanya dan menghadirkannya untuk masyarakat luar.

"Maka saya harap kaum muda setempat dapat menjadi penggerak bagi kelompok sadar wisata (Pokdarwis) sebagai mitra pemerintahan desa dalam memajukan potensi budaya dan wisata desa yang dikembang di desa ini," demikian harapnya.

Kepala Desa Jembayan Tengah Rahimin bersama Ketua panitia pelaksana acara tersebut M Ali Sadikin mengatakan FKS merupakan perwujudan dari puncak pemberdayaan keberlanjutan masyarakat Jembayan Tengah dalam berbagai bidang, untuk terus membuka wawasan dan peluang serta meningkatkan sumberdaya manusia Jembayan Tengah.

Halaman
12
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved