Perpaduan Daging Ayam dan Empal Daging Sapi Nan Gurih Dalam Sajian Nasi Bogana

Citarasa lauk pauknya beraneka macam. Sambal goreng hati terasa gurih, kemudian opor ayamnya memiliki tekstur yang lembut. Sama dengan empal daging

Perpaduan Daging Ayam dan Empal Daging Sapi Nan Gurih Dalam Sajian Nasi Bogana
TRIBUN KALTIM/JINO PRAYUDI KARTONO
Selama bulan Juli, Grand Tjokro Hotel Balikpapan menyajikan menu tradisional yaitu Nasi Bogana. Seporsi nasi bogana dibanderol Rp 58 ribu nett. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Beberapa hotel di kota Balikpapan saat ini mulai menyadari jika kuliner lokal tak kalah dengan kuliner lainnya. Memiliki citarasa yang gurih nan berempah membuat kuliner lokal memiliki tempat tersendiri.

Salah satunya di hotel Grand Tjokro Balikpapan. Hotel bintang empat ini menyajikan aneka macam menu tradisional yang berbeda setiap bulannya. Di bulan Juli mendatang, hotel ini menyajikan kuliner bernama Nasi Bogana.

Kuliner ini menurut Head Chef Grand Tjokro Balikpapan Misnanto mengatakan mirip dengan nasi rames.

Bedanya kalau nasi rames menggunakan nasi dengan lauk berupa sambal goreng hati dan telur dengan citarasa pedas. Kalau nasi bogana ini ditambahkan dengan beberapa varian lain seperti opor ayam dan empal daging sapi.

"Proses pembuatannya aneka macam seperti nasi rames. Ini kuliner khas Tegal bedan dia lebih identik tradisional dari segi penyajiannya," kata Head Chef Grand Tjokro Balikpapan Misnanto, Selasa (25/6/2019).

Selama bulan Juli, Grand Tjokro Hotel Balikpapan menyajikan menu tradisional yaitu Nasi Bogana. Seporsi nasi bogana dibanderol Rp 58 ribu nett.
Selama bulan Juli, Grand Tjokro Hotel Balikpapan menyajikan menu tradisional yaitu Nasi Bogana. Seporsi nasi bogana dibanderol Rp 58 ribu nett. (TRIBUN KALTIM/JINO PRAYUDI KARTONO)

Pertama masak secara terpisah lauk pauk yang disajikan seperti opor ayam, empal daging , sambal goreng hati, tempe, dan tahu. Jika semua bahan tersebut telah dimasak matang kemudian susun dan sajikan di atas piring saji.

Head Chef Grand Tjokro Balikpapan Misnanto tak lupa menyajikan dengan nasi yang dibungkus daun pisang. "Tujuan dibungkus biar nasi wangi dan lembut," ucapnya.

Citarasa lauk pauknya beraneka macam. Sambal goreng hati terasa gurih, kemudian opor ayamnya memiliki tekstur yang lembut. Sama dengan bentuk empal daging yang dibuat Misnanto.

Nasi yang dibungkus begitu lembut dengan ada sedikit wangi daun pisang yang khas. Untuk bisa menikmati sajian nasi bogana cukup membayar Rp 58 ribu nett. Selamat mencoba. (jnp)

Subscribe Official YouTube Channel:

Halaman
12
Penulis: Jino Prayudi Kartono
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved