Berita Pemkab Kutai Barat

Disdukcapil Kubar Terapkan Pelayanan E-KTP One Day Service

Hingga saat ini sejak hari pertama pembukaan pelayanan pada 10 Juni lalu sudah ada 91 e-KTP yang berhasil dicetak

Disdukcapil Kubar Terapkan Pelayanan E-KTP One Day Service
HUMASKAB KUBAR
Warga antre di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kubar. Disdukcapil menerapkan sistem pelayanan One Day Service untuk pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). 

SENDAWAR - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kubar menerapkan sistem pelayanan One Day Service (ODS) untuk pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

Khususnya untuk warga yang baru melakukan perekaman di kantor Disdukcapil Kubar. Mereka bisa melakukan sejumlah strategi agar bisa memenuhi one day service tersebut.

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kubar Ayanlia menjelaskan one day service untuk pembuatan e-KTP yang langsung jadi dalam satu hari.

Hingga saat ini sejak hari pertama pembukaan pelayanan pada 10 Juni lalu sudah ada 91 e-KTP yang berhasil dicetak dan diterima langsung oleh warga masyarakat.

Selanjutnya salah satu strategi pelayanan dengan menerapkan kuota pendaftaran bagi mereka yang mendaftar di Disdukcapil. Menurut Ayanlia, pendaftaran dibuka dari pukul 08.30 WITA hingga 12.00 WITA.

Jika masyarakat datang mendaftar di atas jam tersebut maka akan mengikuti sistim pelayanan reguler dimana dalam pembuatan e-KTP baru bisa jadi satu minggu kedepan.

"Karena itu agar efektif, kami pun mengatur waktu pelayanan kepada masyarakat," ungkap Ayanlia.

Terutama agar layanan one day service bisa mereka terapkan. Dan dengan pelayanan ODS ini warga tidak perlu bolak balik ke Disdukcapil yang tentunya akan menyita banyak waktu. Tetapi, warga bisa langsung menyelesaikan setiap pengurusan adminduknya di hari yang sama.

Tetapi, untuk ODS ini tentunya dengan catatan semua persyaratan adminduk sudah lengkap. Sehingga, petugas langsung bisa mengerjakan keperluan pengurusan adminduk.

"Untuk e-KTP paling lama 10-15 menit jika jaringan tidak mengalami gangguan. Waktu pelayanan ini tidak termasuk waktu untuk antre," katanya.

Ayanlia berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan.

"Secara khusus kami juga meminta agar masyarakat dalam pengurusan e-KTP untuk bersabar jika terjadi gangguan jaringan, karena jika terjadi gangguan jaringan membuat pelayanan terhambat," tandasnya. (hms10)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved