Gubernur Irianto Sebut KBM Tanjung Selor Dikonsep Ramah Lingkungan dan Smart City

"Siapa berbuat apa, siapa melakukan apa, siapa bertanggungjawab apa, itu sudah disusun matriknya," ujar Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie

Gubernur Irianto Sebut KBM Tanjung Selor Dikonsep Ramah Lingkungan dan Smart City
Tribunkaltim.co, M Arfan
Gubernur Kaltara Irianto Lambrie menyimak penjelasan dari Kepala Dinas PUPR Perkim Kaltara Suheriyatna saat memantau lokasi Kota Baru Mandiri Tanjung Selor di Gunung Seriang, Tanjung Selor, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Peninjauan ulang (review) rencana induk (masterplan) Kota Baru Mandiri (KBM) Tanjung Selor masih terus digarap Kementerian Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie mengemukakan, ada beberapa hal teknis yang di-review kementerian.

Seperti perlunya penambahan kawasan hijau, lupakan area, dan penambahan sarana dan prasarana. Untuk diketahui, rencana induk KBM Tanjung Selor sudah disusun Pemprov Kalimantan Utara sejak tahun 2015.

"Setelah keluar Inpres Nomor 9 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan KBM Tanjung Selor, rencana induk itu di-review oleh Kementerian PUPR," ujar Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie, Rabu (26/6/2019).

Review rencana induk tersebut selain mencakup penambahan ruang terbuka hijau, juga mencakup peruntukan lahan yang disesuaikan dengan lahan yang tersedia. Termasuk desain tata kota yang lebih terkonsolidasi.

"Kita menampung masukan utamanya dari Pemkab Bulungan dan masyarakat. Awalnya daerah hijau belum masuk, akhirnya sudah masuk," ujar Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie.

Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie mengatakan, penambahan ruanh terbuka hijau dilakukan seiring konsep KBM Tanjung Selor adalah kota modern yang hijau atau green city.

"Kita akan ciptakan kota ramah lingkungan, hijau. Termasuk perencaan kota yang smart city. Jadi kota keel depan itu sudah sistem digital. Suka tidak suka makanya harus direncanakan sejak awal," ujar Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie.

Masterplan KBM Tanjung Selor.
Masterplan KBM Tanjung Selor. (Tribunkaltim.co, M Arfan)

Adapun pembiayaan pembangunan diharapkan Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie sebagian besar diakomodir oleh Anggaran Pendapatan Negara (APBN).

Apalagi dalam Inpres 9 Tahun 2018 tentang Percepatan Pembangunan KBM Tanjung Selor, ada 12 kementerian yang akan mengurusi pembangunan KBM Tanjung Selor sesuai rencana aksi yang sudah disusun.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved