Pemprov Belum Setujui Usulan Anggaran KPU, Ini Pertimbangannya

Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie mengatakan, penentuan diterima tidaknya usulkan anggaran tersebut akan dikaji kemampuan keuangan daerah.

Pemprov Belum Setujui Usulan Anggaran KPU, Ini Pertimbangannya
HUMASPROV KALTARA
Gubernur Kaltara Irianto Lambrie 

TRIBUNKALTIM.CO,TANJUNG SELOR - Pemprov Kalimantan Utara belum dapat memastikan, apakah mampu memenuhi usulan anggaran Pemilihan Gubernur-Wakil gGubernur Kalimantan Utara yang disodorkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi.

Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie mengatakan, penentuan diterima tidaknya usulkan anggaran tersebut akan dikaji berdasarkan kemampuan keuangan daerah.

"Kalau kemampuan keuangan kita ada dan kalau itu memang kebutuhan, kita upayakan," ujar Irianto, Rabu (26/6/2019) kepada Tribunkaltim.co.

Ia menduga, besarnya kebutuhan anggaran pemilihan kepala daerah dipicu masa kampanye yang berlangsung lama dan kampanye difasilitasi oleh KPU.

"Bisa diusulkan untuk diperpendek, supaya biayanya tidak terlalu mahal. Kampanye kalau perlu 2 minggu cukup, tidak usah sampai sebulan lebih atau 2 bulan," ujarnya.

KPU Kalimantan Utara mengusulkan anggaran Pilgub Kalimantan Utara sebesar Rp 147.105.589.500 untuk diakomodir dalam tahun anggaran 2020.

Selain itu juga anggaran sebesar Rp 1.756.415.000 dalam RAPBD Perubahan 2019 untuk keperluan sosialisasi tahapan.

"Untuk di APBD Perubahan Rp 1,7 miliar itu kami upayakan," ujarnya.

Untuk diketahui, tahapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara akan mulai bergulir bulan September tahun 2019. Sedangkan pemungutan suara akan berlangsung pada September 2020.

Sesuai Pasal 201 ayat (6) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 menyatakan bahwa 'Pemungutan suara serentak Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota hasil pemilihan tahun 2015 dilaksanakan pada bulan September 2020. (*)

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: samir paturusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved