Blangko E-KTP Habis, Disdukcapil PPU Terbitkan Suket

"Kalau ngambil sedikit kan sayang uang transportasinya. Cuma kalau masyarakat dibiarkan menunggu dan hanya punya suket, kan kasihan juga"

Blangko E-KTP Habis, Disdukcapil PPU Terbitkan Suket
Tribunkaltim.co, Heriani AM
Kadisdukcapil PPU, Suyanto 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), terpaksa menerbitkan surat keterangan (suket) karena blangko untuk E-KTP habis. Blangko E-KTP pada Disdukcapil Kabupaten PPU, mulai habis sejak Selasa (18/6/2019) lalu.

Kepala Disdukcapil Suyanto saat dikonfirmasi mengatakan, saat ini ia sedang berada di Jakarta dalam rangka pengambilan blangko pada Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri.

"Namun dijanjikan hanya 500 keping yang akan diberikan," kata Kepala Disdukcapil Suyanto, Kamis (27/6/2019).

Dikatakannya, blangko e-KTP tidak hanya di Kabupaten PPU saja yang habis, kabupaten/kota lain di Kalimantan Timur juga mengalami hal serupa sejak dua bulan lalu.

Oleh karena itu, Disdukcapil Kabupaten PPU lalu menyurat ke Ditjen Dukcapil Kementrian Dalam Negeri, namun hanya akan diberikan 500 keping saja.

Kepala Disdukcapil Suyanto mengatakan, dengan jumlah sekian yang dirasa cukup sedikit, ia berencana akan berangkat untuk mengambil blangko e-KTP ketika stok pada Dirjen Dukcapil Kemendagri sudah banyak.

Namun karena masukan dari Bupati PPU Abdul Gafur Masud, yang mengatakan pelayanan harus tetap berjalan, maka ia pun berangkat.

"Kalau ngambil sedikit kan sayang uang transportasinya. Cuma kalau masyarakat dibiarkan menunggu dan hanya punya suket, kan kasihan juga," tutur Kepala Disdukcapil Suyanto.

Saat ini hampir 100 lembar suket yang Disdukcapil terbitkan.

Ditjen Dukcapil Kemendagri, saat ini memang membatasi permintaan blangko e-KTP. Hal ini mengacu pada keputusan Mahkamah Konstitusi untuk mencegah kecurangan pada Pilpres dan Pileg lalu.

Halaman
12
Penulis: Heriani AM
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved