Caleg Terpilih yang Palsukan Dokumen Dapat Dibatalkan, Jika Kalah di Pengadilan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulungan telah mengetahui laporan masuk ke Bawaslu, dugaan pemalsuan dokumen oleh salah satu caleg DPRD Bulungan

Caleg Terpilih yang Palsukan Dokumen Dapat Dibatalkan, Jika Kalah di Pengadilan
TribunKaltim.CO/Muhammad Arfan
Komisioner KPU Bulungan Chairullizza 

TRIBUNKALTIM.CO,TANJUNG SELOR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulungan  telah mengetahui adanya laporan masuk ke Bawaslu,  perihal dugaan pemalsuan dokumen oleh salah satu caleg DPRD Bulungan pada tahapan Pemilu April 2019 kemarin.

Komisioner KPU Bulungan Chairullizza mengatakan, laporan tersebut ikut ditembuskan kepada lembaga penyelenggara pemilu itu.

"Kami juga terima tembusannya," ujar Chairullizza kepada Tribunkaltim.co, Kamis (27/6/2019).

Chairullizza menuturkan, berkas pencalonan legislatif beberapa waktu lalu telah melalui proses verifikasi administratif, kemudian diumumkan, dan tahapan tanggapan masyarakat terhadap bakal calon.

"Sampai di koran berapa hari kita umumkan. Tetapi selama itu, tidak ada tanggapan dari masyarakat. Kita sendiri memverifikasi tidak sampai ke sekolahan. Sifatnya memeriksa berkas, ada legalisirnya apa enggak, sifatnya administratif," ujarnya.

Semisal ada laporan masyarakat atau semacam kecurigaan, kata Chairullizza, akan diverifikasi lebih lanjut.

"Yang jelas kita tunggu hasilnya dari Pengadilan nanti, bagaimana putusannya. Jika terbukti, calon tersebut dapat dibatalkan," ujarnya.

Berdasarkan ketentuan Pasal 32 PKPU Nomor 5 Tahun 2019 tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi, dan Penetapan Calon Terpilih dalam Pemilu,

menyatakan bahwa dalam hal terdapat calon anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota yang terbukti melakukan tindak pidana Pemilu berupa politik uang atau pemalsuan dokumen berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap,

pada waktu setelah penetapan perolehan suara sampai dengan sebelum penetapan calon terpilih, KPU menetapkan calon yang memperoleh peringkat suara sah terbanyak berikutnya sebagai calon terpilih.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved