MTQ Kaltim

Jelang Ke-41 MTQ Kalimantan Timur Banyak TPS yang Rusak, Dinas Lingkungan Hidup Mengambil Sikap Ini

TPS beton menurut Kabid Pengelolaan sampah dan Limbah B3 DLH Paser Hardjana, akan diperbaiki dan dilengkapi dengan pintu, sehingga sampah tak keluar

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER – Untuk meningkatkan kenyamanan dan keindahan kota, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser Kalimantan Timur akan mengganti dan memperbaiki Tempat Penampungan sampah Sementara (TPS).

Yakni TPS di lingkungan Kelurahan Tanah Grogot dan sekitarnya.

TPS berupa kontainer akan diganti dengan kontainer baru yang berukuran lebih besar.

Sedangkan TPS beton menurut Kabid Pengelolaan sampah dan Limbah B3 DLH Paser Hardjana, akan diperbaiki dan dilengkapi dengan pintu, sehingga sampah yang di dalam tidak keluar.

“Tahun ini kita dapat anggaran pengadaan kontainer (TPS) baru sebanyak 20 unit," tuturnya kepada Tribunkaltim.co pada Kamis (27/6/2019).

Ini untuk mengganti bak sampah (kontainer) kita yang kondisinya sudah sangat memprihatikan.

"Ukurannya juga lebih besar dari bak sampah yang ada, boleh dikatakan 2 kali lipatnya,” kata Hardjana.

Kondisi kontainer atau bak sampah di depan Terminal Km 6 di Kabupaten Paser yang rusak membuat sampah berceceran di pinggir jalan, Rabu (5/6/2019).
Kondisi kontainer atau bak sampah di depan Terminal Km 6 di Kabupaten Paser yang rusak membuat sampah berceceran di pinggir jalan, Rabu (5/6/2019). (TribunKaltim.Co/Sarassani)

Kontainer yang ada, lanjut Hardjana, hanya menampung 1 M3 sampah, sedangkan kontainer yang baru mampu menampung 2 M3.

Selain itu, bagian dalam kontainer yang baru juga dilapisi semacam fiberglass, yang akan menambah usia pemakaian kontainer yang berbahan besi.

“Sampah yang busuk sifatnya asam, sangat mudah membuat karat pada besi seperti kondisi kontainer-kontainer yang ada sekarang, makanya pada bagian dalam kontainer yang baru kita lapisi semacam fiberglass agar bisa digunakan lebih lama,” ucapnya.

Halaman
123
Penulis: Sarassani
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved