Dari Buang Sampah hingga Duduk-duduk di Lantai, Berikut Ini Larangan di Stasiun MRT, Ada Dendanya

MRT mempunyai sejumlah aturan berikut larangan yang berlaku, bukan hanya di dalam kereta tetapi juga di stasiun MRT.

Dari Buang Sampah hingga Duduk-duduk di Lantai, Berikut Ini Larangan di Stasiun MRT, Ada Dendanya
Warta Kota/henry lopulalan
Calon penumpa rela menunjukan kartu single trip di Stasiun MRT HI, Jakarta Pusat, Senini(1/4/2019). Berikut ini daftar larangan berikut dendanya di stasiun MRT. 

TRIBUNKALTIM.CO - Moda transportasi yang baru di Indonesia ini menjadi favorit masyarakat untuk bepergian karena cepat dan bebas hambatan. 

Ya, mass rapid transit atau disingkat MRT yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi moda raya terpadu ini resmi beroperasi di ibukota RI, Jakarta awal April 2019 lalu.

MRT mempunyai sejumlah aturan berikut larangan yang berlaku, bukan hanya di dalam kereta tetapi juga di stasiun MRT.

Meski banyak yang tertarik menjajal MRT namun banyak yang masih belum mengerti aturan dan larangan yang berlaku sehingga kerap masyarakat justru kerap merusak fasilitas umum ini. 

Ada sejumlah larangan dan nominal denda kemudian diberlakukan untuk pengunjung di stasiun MRT.

Stasiun MRT Bundaran HI dipenuhi oleh penumpang yang hendak meramaikam acara puncak perayaan hari ulang tahun ke-492 Jakarta di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Sabtu (22/6/2019).
Stasiun MRT Bundaran HI dipenuhi oleh penumpang yang hendak meramaikam acara puncak perayaan hari ulang tahun ke-492 Jakarta di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Sabtu (22/6/2019). (KOMPAS.com / VITORIO MANTALEAN)

Berikut penjelasan lengkap aturan, larangan dan dendanya:

1. Buang Sampah Sembarangan

Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta, Muhammad Kamaludin mengungkapkan bahwa penumpang MRT Jakarta yang kedapatan membuang sampah sembarangan di area stasiun dapat dikenai denda sebesar Rp 500.000.

"Sekarang enggak cuma imbauan, tapi ada hukuman yang buang sampah sembarang kami denda Rp 500.000 dan itu ada perda-nya. Ini kesepakatan bersama dengan pemerintah provinsi," ujar Kamaludin, Selasa (2/4/2019).

Kemudian, ada juga sanksi yang dikenakan pada penumpang yang ketahuan membuang sampah sembarangan untuk membuat jera.

Halaman
1234
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved