Indonesia dan Jepang Jalin Kerja Sama Industri Otomotif, Ini Harapan Kedua Negara

Sinergi ini adalah implementasi proyek The New Manufacturing Industry Development Center (New MIDEC).

Indonesia dan Jepang Jalin Kerja Sama Industri Otomotif, Ini Harapan Kedua Negara
Humas Kemenperin
Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto bersama Ministry of Economy, Trade, and Investment (METI) Jepang, Hiroshige Seko melakukan penandatanganan framework document di Osaka, Jepang 

TRIBUNKALTIM.CO - Indonesia dan Jepang akan bersinergi membangun kapasitas sektor manufaktur, salah satunya otomotif.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, langkah ini dinilai mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi kedua negara.

Kolaborasi bilateral ini melalui tanda tangan framework document dengan Ministry of Economy, Trade, and Investment (METI) Jepang, Hiroshige Seko di Osaka, Jepang, Kamis (27/6/2019) waktu setempat. 

Sinergi ini adalah implementasi proyek The New Manufacturing Industry Development Center (New MIDEC).

“Dengan adanya kerja sama New MIDEC ini bisa mengkompensasikan defisit perdagangan antara Indonesia dan Jepang dalam bentuk capacity building yang sifatnya dasar untuk sektor manufaktur," kata Menperin, Jumat (28/6/2019).

"Misalnya, kapasitas untuk teknik pengelasan atau skill lainnya yang terkait di industri otomotif,” sambung dia.

Kegiatan New MIDEC meliputi enam sektor, yaitu industri otomotif, elektronik, tekstil, makanan minuman, kimia serta logam.

Selain itu, terdapat tujuh lintas sektor, yaitu metal working, mold & dies (tooling), welding, SME development, export and investment promotion, green industry (energy, waste, emission), serta industry 4.0 (digitalization, automation, policy reforms).

Implementasi program New MIDEC yang kini bisa dilaksanakan adalah di sektor otomotif dengan melibatkan dua lintas sektor, di antaranya mold & dies (tooling) dan SME development. 

Sementara itu, kegiatan di sektor lainnya akan dilaksanakan setelah kedua belah pihak menyiapkan Technical Arrangement dan masukan dari para stakeholders terkait. (GRIDOTO.COM)

Halaman
12
Editor: Kholish Chered
Sumber: Gridmotor.id
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved