Berita Pemkab Kutai Barat

Lancar dan Aman, Bupati Tinjau Pemilihan Serentak 38 Kepala Kampung

Pemilihan Kepala Kampung serentak tahun 2019, yang diikuti 38 kampung di 11 kecamatan berjalan lancar, aman dan tertib, Kamis (27/6/2019).

Lancar dan Aman, Bupati Tinjau Pemilihan Serentak 38 Kepala Kampung
HUMASKAB KUBAR
Pemilihan Kepala Kampung serentak di Kutai Barat berjalan lancar, Kamis (27/6/2019). Bupati FX Yapan didampingi Kapolres Kubar AKBP I Putu Yuni Setiawan SIK, Kepala DPMK Faustinus Syadirahman, dan Kepala Kesbangpol Suwito SSTP meninjau TPS 02 Royoq dan TPS 01 Kampung Sekolaq Oday, lanjut ke TPS 1 Kampung Sekolaq Muliaq, dan TPS 1 Sumber Bangun, selanjutnya meninjau di TPS 1 Kampung Tepulang dan diakhiri di TPS 1 Kampung Keay kecamatan Damai. 

SENDAWAR - Berdasarkan pantauan langsung Bupati FX Yapan SH Temenggung Singa Praja bersama Kapolres Kubar AKBP I Putu Yuni Setiawan SIK didampingi Kepala DPMK Faustinus Syadirahman, dan Kepala Kesbangpol Suwito SSTP, pelaksanaan Pemilihan Kepala Kampung serentak tahun 2019, yang diikuti 38 kampung di 11 kecamatan berjalan lancar, aman dan tertib, Kamis (27/6/2019).

Bupati meninjau TPS 02 Royoq dan TPS 01 Kampung Sekolaq Oday, lanjut ke TPS 1 Kampung Sekolaq Muliaq, dan TPS 1 Sumber Bangun, selanjutnya meninjau di TPS 1 Kampung Tepulang dan diakhiri di TPS 1 Kampung Keay kecamatan Damai.

Berdasarkan pemantauan semuanya berjalan tertib dan lancar, bahkan dari setiap DPT yang ada di TPS jumlah masyarakat yang memilih mencapai 95 persen. Hal ini menunjukan animo masyarakat menyalurkan hak pilihnya cukup tinggi.

Artinya masyarakat sudah mengerti dan memahami pentingnya pemilihan kepala kampung yang bisa membawa kesejahteraan masyarakat, memimpin masyarakat serta bisa berkomunikasi baik dengan masyarakat, pemerintah kecamatan dan pemerintah kabupaten.

Bupati menuturkan, dalam proses pemilihan kepala kampung tentu sudah diatur dalam undang-undang dan dilakukan secara serentak. Hendaknya kita semua mengikuti peraturan yang berlaku.

"Saya sangat yakin pelaksanaan pemilihan kepala kampung ini berjalan sukses, tentu juaga nantinya mencapai hasil yang maksimal," terang Bupati.

Kepala DPMK Kubar Faustinus Syaidirahman menjelaskan, jumlah kampung yang mengikuti pemilihan serentak pada 2019 berjumlah 39 kampung, dari 11 kecamatan.

Namun dalam pelaksanaan, menjelang hari pemilihan ada Kampung Tende yang tidak bisa mengikuti pemilihan dikarenakan ada dua calon yang mengundurkan diri. Pemilihan Kampung Tende ditunda, dan pasca pemilihan serentak baru dijadwalkan ulang untuk pemilihan petinggi khusus Kampung Tende.

Syaidirahman mengimbau kepada seluruh calon petinggi, pada tahapan penghitungan suara harapannya para calan petinggi bisa menerima.

"Kita sudah ikut pertarungan ini siap menang dan siap kalah, jikapun kalah jangan sampai ada gejolak ditengah masyarakat dan kita harapkan kondisi keamananan bisa tetap kondusif," harap Syadirahman.(hms10)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved