Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2019, 5.000 Pohon Ditanam di Sangatta dan Kawasan TNK

“Hal ini sebagai wujud dukungan perusahaan dalam program SDGs nomor 15 tentang konservasi ekosistem daratan,” kata Wawan.

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2019, 5.000 Pohon Ditanam di Sangatta dan Kawasan TNK
TRIBUN KALTIM / MARGARET SARITA
Penanaman pohon dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2019 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Dalam rangka Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia tahun 2019, PT Kaltim Prima Coal (KPC) mengajak 14 perusahaan sub kontraktor pertambangan, menanam 5.000 pohon kayu maupun pohon buah di empat titik sekitar wilayah operasional perusahaan pertambangan terbesar di Indonesia tersebut.

Keempat titik tersebut, di Jalan Poros Kabo sebanyak 1.200 pohon, SMKN 2 Sangatta Utara, SMKN 1 Sangatta selatan sebanyak 300 pohon, kawasan ring road Kecamatan Sangatta Selatan sebanyak 2.000 pohon, dan kawasan TNK di Jalan Poros Sangatta Bontang sebanyak 1.500 pohon.

Penanaman yang mengangkat tema “beat air pollution” ditandai dengan penanaman pohon ulin di kawasan Kabo, oleh Bupati Ir H Ismunandar MT disaksikan Wabup H Kasmidi Bulang dan jajaran FKPD Kutim serta manajemen PT KPC, Jumat (28/6/2019).

“Kegiatan ini, merupakan upaya kita memotivasi pentingnya menanam pohon bagi masa depan. Khususnya tanaman khas Kutai Timur yang harus dilestarikan. Tak hanya dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup saja, tapi di beberapa kegiatan pun kerap diselipkan kegiatan penanaman pohon bersama-sama. Besok kita akan menanam lagi di kecamatan Kaubun, tapi pohon kakao,” ungkap Ismunandar.

Ia berharap, kegiatan serupa juga diikuti perusahaan pertambangan lainnya di Kutim. Seperti PT Indominco dan kontraktornya.

“Dengan harapan, kegiatan penanaman pohon terus berlanjut. Tidak hanya menanam saja, tapi merawat dan menjaganya hingga tumbuh besar. Karena banyak, hanya menanam, setelah itu tidak dipantau lagi, tahu-tahu mati sudah pohonnya,” ujar Ismunandar.

Sebelumnya, GM ESD Wawan Setiawan mengatakan kegiatan penanaman 5.000 pohon akan berkontribusi dalam konservasi sumber daya alam, untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan ekosistem yang stabil.

“Hal ini sebagai wujud dukungan perusahaan dalam program SDGs nomor 15 tentang konservasi ekosistem daratan,” kata Wawan.

Selain penanaman pohon, perusahaan juga melakukan kegiatan lainnya.

Di antaranya seminar lingkungan, konservasi terumbu karang di pantai Aquatic, dan olimpiade lingkungan.

Halaman
12
Penulis: Margaret Sarita
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved