Soal Hasil Putusan MK, Bupati Ismunandar Berharap Dana Transfer Daerah Tak Dipotong

Bupati Kutai Timur Ismunandar berharap, ekonomi Indonesia ke depan semakin membaik, ehingga tak perlu ada pemotongan dana transfer daerah

Soal Hasil Putusan MK, Bupati Ismunandar Berharap Dana Transfer Daerah Tak Dipotong
Tribunkaltim.co, MARGARET SARITA
Bupati Kutim Ismunandar 

TRIBUNKALTIM.CO,SANGATTA – Putusan Mahkamah Konstitusi terhadap perkara sengketa hasil Pemilihan Presiden sudah dibacakan. Hasilnya, MK RI menolak gugatan kubu Prabowo –Sandiaga Uno.

Hal ini berarti pasangan Joko Widodo dan Maruf Amin siap melangkah ke jenjang berikutnya yakni, dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024.

Menanggapi hasil putusan MK, Bupati Kutai Timur  Ismunandar  berharap, ekonomi Indonesia ke depan semakin membaik, sehingga tak perlu ada pemotongan-pemotongan dana transfer daerah.

“Ekonomi membaik, daerah ikut sejahtera. Tidak ada pemotongan-pemotongan lagi. Dana transfer pusat pada triwulan IV yang rencananya tidak ditranfer ke daerah, bisa berubah. Menjadi akan ditransfer. Itu saja,” ujar Ismunandar.

Maklum, dalam empat tahun terakhir, Kabupaten Kutai Timur terus mengalami badai defisit. Utang pada pihak ketiga menumpuk tak terselesaikan. Rentetan isu miring pun menerpa pemerintah daerah.

Hal ini bermula dari adanya pemangkasan dana bagi hasil migas dan royalti batubara pada 2016 lalu. Disusul pemangkasan Dana Alokasi Umum (DAU) juga di tahun yang sama.

Kemudian pada 2017 dan 2018, dana transfer pusat ke daerah pun mengalami hal yang sama. Dipangkas secara tiba-tiba di akhir tahun anggaran. Padahal, program kerja sudah berjalan dan harus dibayarkan.

Pada 2019 ini, Pemkab Kutim tengah berupaya menyelesaikan seluruh utang, baik 2016-2017 dan utang 2018. Namun, pertengahan tahun, kembali diterpa badai.

Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tahun 2019 yang diterima Pemkab Kutim, menyebutkan dana triwulan IV tidak ditransfer oleh pusat ke daerah.(*)

Subscribe Official YouTube Channnel:

Halaman
12
Penulis: Margaret Sarita
Editor: Samir Paturusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved