Berita Pemkab Kutai Barat

Terpilih Mewakili Kaltim, Ini Pesan Bupati Kubar Kepada Karang Taruna Juaq Asa

Tim Fasilitasi Aksi Bakti Sosial Provinsi Kaltim melakukan penilaian Karang Taruna Kampung Juaq Asa yang terpilih mewakili Kaltim ke tingkat Nasional

Terpilih Mewakili Kaltim, Ini Pesan Bupati Kubar Kepada Karang Taruna Juaq Asa
HUMASKAB KUBAR
Karang Taruna Kampung Juaq Asa di Kutai Barat terpilih mewakili Kaltim ke tingkat Nasional. Kegiatan penilaian tersebut dilaksanakan di Wisata Alam Hemaq Beniung dan dihadiri Bupati FX Yapan SH Temenggung Singa Praja, Kamis (27/6/2019). 

SENDAWAR - Tim Fasilitasi Aksi Bakti Sosial Provinsi Kaltim melakukan penilaian Karang Taruna Kampung Juaq Asa yang terpilih mewakili Kaltim ke tingkat Nasional.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Wisata Alam Hemaq Beniung dan dihadiri Bupati FX Yapan SH Temenggung Singa Praja, Kamis (27/6/2019).

Bupati menyampaikan apresiasi dan berterimakasih atas upaya dan kerja keras Karang Taruana Kampung Juaq Asa yang bekerjasama dengan masyarakat serta pemerintahan kampung sehingga bisa mengantarkan Kubar mewakili Kaltim ke tingkat pusat.

Hal ini tentu tidak semudah yang kita pikirkan untuk bisa mengikuti even sebesar itu.

Turut hadir Kepala DPMK Kubar, Tim Fasilitasi Aksi Bakti Sosial Provinsi Kaltim, Tim Dinas Sosial Kubar, Camat Barong Tongkok, Petinggi Juaq Asa, serta anggota Karang Taruna.

Bupati menjelaskan, sesuai RPJMD 2016-2021 tiga tahun pemerintahan mengutamakan pembangunan bidang infrastruktur, khususnya membuka keterisolasian kecamatan dan kampung yang selama ini belum tersentuh pembangunan. Sehingga saat ini sudah terbuka akses-akses ke kampung dan kecamatan yang belum dibangun infrastruktur jalannya salama ini.

Untuk tahun kempat, program pembangunan masuk dalam ekonomi kerakyatan, dan saat ini sudah ada tiga izin pendirian pabrik yang sudah ditandatangani, pertama pabrik cat dan obat di Kampung Muara Leban.

Kedua, pembangunan pabrik singkong juga dibangun pada 2019, dengan kapasitas produksi 1000 ton dalam satu hari yang akan dibangun di antara kampung Pegalak dan Benung, ketiga adalah pabrik pencucian batu bara yang akan dibangun di kampung Muara Bunyut.

Selanjutnya program pembangunan pada tahun kelima masuk peningkatan kualitas sumber daya manusia. Bupati berharap Karang Taruna bisa mengambil kesempatan tersebut. Begitu juga terkait pengelolaan BLKI berdasarkan surat jawaban dari Gubernur bahwa pengelolaan BLKI di Keay diserahkan kewenangannya kepada Kabupaten.

Pembangunan BLKI bisa dilanjutkan oleh Pemkab Kubar, bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan tambang dan perkebunan sawit. Perusahaan sudah menyatakan siap membantu, karena perusahaan-perusahaan tersebut membutuhkan tenaga kerja yang siap pakai.

Bupati juga memaparkan, dengan bantuan masyarakat, pemerintahan kampung dan kecamatan, sehingga Pemkab Kubar mampu meraih Opini WTP 4 kali berturut-turut dari BPK dan tiga tahun secara beruntun mendapatkan penghargaan pengelolaan keuangan terbaik.

Bupati berpesan agar Karang Taruna Juaq Asa terus berinovasi.

"Gunakan potensi yang ada di kampung untuk membangun, sehingga Karang Taruna bisa tumbuh, berkembang dan mandiri. Bekerja jangan berorientasi kepada uang tatapi bagaimana kita bekerja untuk melayani masyarakat mengabdi," tandasnya. (hms10)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved