Jalan-jalan di Alam Nyatanya Bermanfaat untuk Kesehatan Fisik dan Mental, Ini Hasil Penelitiannya

Hanya satu dari dua orang yang menghabiskan waktu berjalan selama dua jam di alam yang mengatakan dirinya merasa stres

Jalan-jalan di Alam Nyatanya Bermanfaat untuk Kesehatan Fisik dan Mental, Ini Hasil Penelitiannya
(Fitri Rachmawati)
Seorang wisatawan memotret Gunung Rinjani, di Desa Sembalun Kabupaten Lombok Timur. Sabtu (15/6/2019) sejumlah wisatawan telah mulai mendaki Gunung Rinjani melalui jalur Sembalun. Balai Taman Nasional Gunung Rinjanin (BTNGR) NTB, telah membuka kembali ijin pendakian pasca-gempa yang mengguncang Lombok, Agustus 2018 silam. 

TRIBUNKALTIM.CO,  JAKARTA - Jalan-jalan di alam terbuka punya banyak manfaat. Selain sebagai hiburan menghilangkan penat, jalan-jalan di alam nyatanya bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental seseorang.

Penelitian yang dirilis dalam jurnal Scientific Reports meneliti 20.000 orang di Inggris. Orang-orang yang menghabiskan waktu 120 menit dalam satu minggu di alam memiliki tingkat kesehatan dan kesejahteraan mental yang lebih konsisten.

Hanya satu dari dua orang yang menghabiskan waktu berjalan selama dua jam di alam yang mengatakan dirinya merasa stres dan hanya satu dari tujuh orang yang berjalan di alam mengatakan kesehatannya kurang baik.

Sebagai perbandingan, setengah dari orang yang tidak berjalan jalan di alam selama satu minggu mengaku kurang puas dengan hidupnya.

Satu dari empat orang yang tidak jalan jalan di alam mengaku kesehatannya buruk.

Hasil penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa tidak harus berjalan langsung dua jam dalam seminggu. Bisa dilakukan dalam waktu singkat dengan total dua jam per minggu.

Selain itu, tak perlu berlibur jauh-jauh karena berkeliling di daerah rumah juga sudah cukup untuk penelitian ini.

Kabar gembira lagi, hasil penelitian ini berlaku untuk semua jender, usia, dan lokasi tempat tinggal, bahkan untuk orang yang sedang sakit atau penyandang disabilitas.

Jadi untuk sehat fisik dan mental, caranya hanya perlu jalan-jalan di alam dua jam selama satu minggu. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Manfaat Jalan-jalan di Alam 2 Jam dalam Seminggu"

Halaman
12
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved