Paser Baru Punya 2 Kantor Cabang Biro Perjalanan Religi, Selebihnya Hanya Agen

memfasilitasi travel atau biro perjalanan dalam penyelenggaraan haji plus dan umroh, terkait pengurusan buka cabang biro perjalanan religi di Paser.

Paser Baru Punya 2 Kantor Cabang Biro Perjalanan Religi, Selebihnya Hanya Agen
TribunKaltim.Co/Sarassani
Abdurrahman, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER – Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Paser Abdurrahman mengatakan, juga bisa memfasilitasi travel atau biro perjalanan dalam penyelenggaraan haji plus dan umroh, terkait pengurusan buka cabang biro perjalanan religi di Paser.

“Sementara yang lebih banyak kita layani masih calhaj reguler. Untuk haji dan umroh, kita hanya sebatas melaporkannya ke Kanwil.

Misalnya bulan ini PT Arela dan PT Armenareka (biro perjalanan) memberangkatkan jamaah umroh sekian,” kata Abdurrahman, Minggu (30/6/2019).

Sedangkan biro perjalanan lainnya, lanjut Abdurrahman, tidak melaporkan karena tidak punya kantor cabang biro perjalanan di Paser.

“Hanya PT Arela dan PT Armenareka yang buka cabang di Paser, selebihnya hanya agen dari biro perjalanan,” sambungnya.

Izin operasional PT Arela dan Armenareka diterbitkan oleh Kemenag RI. Jadi saat mereka membuka buka cabang di Paser hanya cukup membuat badan hukum kantor cabang di notaris, sedangkan SK-nya diterbitkan oleh Kanwil Kemenag Kaltim dengan difasilitasi Kemenag Paser.

“Kalau ada izin dari Kemeng RI, buka cabang di Paser jadi mudah, kita fasilitasi surat-suratnya. Jamaah yang ingin berangkat haji plus atau umroh juga bisa langsung berusan di kantor cabangnya. Dan kita bisa memantau pelaksanaannya,” ucapnya.

Untuk itu, Abdurrahman menghimbau agar perusahaan-perusahaan biro perjalanan religi lainnya untuk buka cabang di Paser.

“Banyak biro perjalanan religi beroperasi di sini. Yang agen ini, tidak bisa kita pantau, makanya dihimbau sebaiknya buka cabang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” tambahnya. (*)

SUBSCRIBE OFFICIAL YOUTUBE CHANNEL:

Halaman
12
Penulis: Sarassani
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved