Polda Kaltara Belum Sodorkan Usulan Dana Pengamanan Pilgub, Ini Alasannya

"PKPU-nya belum ada. PKPU ini kan menyangkut penjadwalan. Nantinya dari PKPU itu kita tahu jadwal dan tahapan seperti masa pendaftaran kapan mulai

Polda Kaltara Belum Sodorkan Usulan Dana Pengamanan Pilgub, Ini Alasannya
Tribunkaltim.co, Arfan
Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit berbicara dalam rapat koordinasi pengamanan arus mudik di ruang rapat gubernur Kalimantan Utara beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Utara juga belum mengajukan anggaran pengamanan pemilihan kepala daerah gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Utara tahun 2020.

Kapolda Kalimantan Utara Brigjen Pol Indrajit kepada Tribunkaltim.co mengungkapkan, Polda masih menunggu Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang Jadwal dan Tahapan Pilkada 2020.

Adanya dasar jadwal dan tahapan pilkada, kepolisian akan mudah menyusun rencana anggaran biaya yang akan digunakan untuk mengamankan setiap tahapan yang akan dilaksanakan.

"PKPU-nya belum ada. PKPU ini kan menyangkut penjadwalan. Nantinya dari PKPU itu kita tahu jadwal dan tahapan seperti masa pendaftaran kapan mulai, masa kampanye berapa lama, tanggal pencoblosan, dan pasca pilkada," kata Kapolda Kalimantan Utara Brigjen Pol Indrajit, Minggu (30/6/2019). 

Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit (tengah) saat diwawancarai sejumlah wartawan
Kapolda Kaltara Brigjen Pol Indrajit (tengah) saat diwawancarai sejumlah wartawan (TRIBUN KALTIM / JUNISAH)

Kapolda Kalimantan Utara Brigjen Pol Indrajit meyakini, PKPU dari KPU RI akan segera turun mengingat mulainya jadwal dan tahapan pilkada serentak tahun 2020 di tanah air semakin mendekat.

Berdasarkan Pasal 201 ayat (6) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016  tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi Undang-Undang, pemungutan suara serentak dilaksanakan pada bulan September 2020.

"Kemungkinan tahapannya akan mulai setahun sebelum hari pencoblosan," ujar Kapolda Kalimantan Utara Brigjen Pol Indrajit.

Kapolda menyimpulkan, Polda Kalimantan Utara telah berkomitmen untuk menjaga setiap tahapan agenda nasional seperti pilkada serentak. Saat ini pun sebutnya, tahapan pengamanan Pilpres dan Pemilu 2019 masih terus berlangsung.

Yang paling dekat adalah mengamankan jalannya tahapan penetapan calon anggota DPRD terpilih hasil penetapan perhitungan suara.

"Kita amankan provinsi dan kabupaten/kota. Setelah itu, nanti akan masuk ke pengamanan Pilgub. Yang jelas kami masih menunggu PKPU, dan kemudian akan melihat kekuatan personel kita berapa. Karena sebagian masih ada di Jakarta dan akan pulang dalam waktu dekat ini," ujar Kapolda Kalimantan Utara Brigjen Pol Indrajit.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved