Awalnya Dicemooh, Kini iPhone Merajai Ponsel di Dunia

Pada awal produksi 12 tahun lalu, alat komunikasi ini sempat menjadi bahan cemoohan dari para competitor pabrikan ponsel.

Awalnya Dicemooh, Kini iPhone Merajai Ponsel di Dunia
The Vergei
Spesifikasi iPhone XS, XS Max, XR, Berikut Daftar Harganya di Indonesia 

TRIBUNKALTIM.CO,Pada awal produksi 12 tahun lalu, alat komunikasi ini sempat menjadi bahan cemoohan dari  para competitor pabrikan ponsel. Namun siapa sangka, setelah 12 tahun ternyata iPhone menjadi salah satu primadona.  Bahkan di sejumlah Negara, iPhone bukan lagi sebagai alat komunikasi namun sudah menjadi tanda status sosial bagi pemilikya.

Hal ini disebabkan karena harganya yang cukup mahal dibandingkan dengan ponsel yang lain. Meski mahal namun ternyata  spesifikasi yang diusung bukan murahan.

Salah seorang yang sempat mencemooh datang dari Steve Ballmer dari Microsoft. Ballmer yang kala itu menjabat sebagai CEO Microsoft, tertawa saat mendengar harga iPhone yang dijual paling murah 500 dollar AS (sekitar Rp 7 juta) untuk model memori internal 4 GB saat itu .

"500 dollar AS disubsidi penuh? Menurut saya itu adalah ponsel termahal di dunia dan sepertinya tidak menarik bagi kustomer bisnis, karena tidak memiliki keyboard yang membuat mesin e-mail sangat tidak baik," aku Ballmer sambil tertawa.

Bahkan saat ituia  memperkirakan iPhone hanya bisa merengkuh dua hingga tiga persen pangsa pasar saja. "Tidak ada kesempatan bahwa iPhone akan mendapatkan pangsa pasar yang signifikan. Tidak ada kesempatan," ujar Bellmer kala itu.

Agaknya, Ballmer harus menelan ludahnya sendiri melihat agresivitas iPhone yang pesat, dan menempatkan Apple sebagai tiga besar vendor smartphone terbesar di dunia hingga kini.

Di sisi lain, bisnis mobile Microsoft harus gulung tikar karena kalah saing dengan iOS, sistem operasi iPhone dan Android.

Ponsel iPhone 4
Ponsel iPhone 4 (iMore)

Baru-baru ini, Ballmer mengakui bahwa prediksinya beberapa tahun salam salah total. Tidak cuma Ballmer. Sebulan setelah iPhone dirilis pada 29 Juni 2007, co-CEO BlackBerry, Jim Balsillie juga menganggap remeh iPhone.

"(Apple dan iPhone) ibarat pendatang baru yang masuk ke dalam ruang yang sudah ramai akan pilihan untuk para kustomer," ujarnya kala itu, dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Minggu (30/6/2019).

Namun beberapa di antaranya sadar lebih awal akan tren layar sentuh dan mulai menerapkan inovasi iPhone di lini produk mereka. Salah duanya adalah LG Voyager dan Samsung Instinct yang dirilis tak lama kemudian.

Halaman
12
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved