Traveling

Jalan-jalan di BOSF Samboja, Ada Kelucuan Orangutan tak Takut Manusia Tapi Tutupi Wajah Pakai Tangan

Mulawarman Adventure dari Kodam VI Mulawarman mendatangi BOSF di Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Tengok orangutan ok.

TRIBUNKALTIM.CO, SAMBOJA - Pagi itu, masyarakat penghobi traveling alam bebas yang tergabung dalam Mulawarman Adventure dari Kodam VI Mulawarman mendatangi kawasan Borneo Orangutan Survival  Foundation atau BOSF di Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Gelaran yang dilaksanakan oleh Kodam VI Mulawarman tersebut berlangsung pada Sabtu (29/6/2019).

Sudah bukan rahasia umum lagi, di lokasi BOSF Samboja ditempatkan banyak satwa langka yang dilindungi oleh negara mengingat eksistensinya menyandang status langka.

Keberadaan BOSF di Samboja diibaratkan sebagai dewa penyelamat, melindungi para satwa yang nyaris saja punah dari muka bumi, anak cucu kita akan berisiko tidak bisa melihat secara langsung satwa ini.

Yups di BOSF Samboja ada satwa yang sengaja dilindungi bahkan diberi pendidikan. Yakni seperti di antaranya ada satwa Beruang Madu dan primata orangutan, yang masuk kategori satwa khas Pulau Kalimantan.

Keberadaan BOSF di Samboja, terdapat orangutan. Kali ini ada pengunjung dari rombongan Kodam VI Mulawarman. Melihat sosok orangutan, yang lucu.

Ciri khas orangutan yang bertubuh besar dengan balutan bulu yang coklat kekuning-kuningan membuat decak kagum masyarakat yang hadir di BOSF Samboja.

Konsep desain BOSF Samboja memang bukan kandang yang bukan sembarang kandang.

Rancangan BOSF dalam menempatkan orangutan bukan dalam bentuk jeruji besi atau ruang yang terhimpit.

Tempat orangutan yang diselamatkan BOSF di Samboja, layaknya di tempat hutan yang asli. Rindangan pohon, rerumputan yang tinggi dan tempat gelantungan orangutan jadi asesoris yang tidak ketinggalan disediakan oleh BOSF Samboja.

Halaman
1234
Penulis: Budi Susilo
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved