Kalau Ada Pungli PPDB 2019 Laporkan ke Disdikbud Balikpapan, Oknum itu akan Dicopot Jabatannya

"Mudah-mudahan tidak ada lah, kan dalam aturan sudah jelas PPDB di sekolah negeri tidak ada pungutan pembiayaan," tegas Kepala Disdikbud Muhaimin

Kalau Ada Pungli PPDB 2019 Laporkan ke Disdikbud Balikpapan, Oknum itu akan Dicopot Jabatannya
Tribunkaltim.co, Aris Joni
Suasana pelayanan informasi di kantor Disdikbud Kota Balikpapan 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Proses pendaftaran pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Balikpapan telah dimulai hari ini, Senin (1/7/2019). Masyarakat berlomba-lomba untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah-sekolah yang diinginkan.

Seperti yang banyak dikeluhkan warga, sistem PPDB tahun ini sedikit menyulitkan warga karena terlalu banyak persyaratan dan prosedur yang harus dilalui.

Mulai dari sistem zonasi, jalur prestasi atau olahraga, hingga pada proses pendaftaran online yang masih banyak membingungkan masyarakat.

Dengan banyaknya keluhan seperti itu,tidak menutup kemungkinan adanya bermunculan calo-calo atau pungutan liar (pungli) yang mencoba masuk dengan dalih untuk membantu warga yang kesulitan tersebut.

Oleh karena itu, guna menghindari adanya calo atau pungli pada pelaksanaan PPDB tahun 2019 ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kota Balikpapan bersama tim saber pungli, Inspektorat dan Polres membuka posko pemantauan PPDB.

"Kita bersama instansi terkait akan mengawal hingga tuntas proses pelaksanaan PPDB tahun 2019 ini," ujar Kepala Disdikbud kota Balikpapan Muhaimin.

Kepala Disdikbud kota Balikpapan Muhaimin, Jumat (28/6/2019) lalu, mengaku telah mengumpulkan kepala sekolah di Balikpapan bersama tim saber pungli untuk melakukan sosialisasi dengan Ombudsman RI terkait pemahaman mengenai sumbangan dan pungutan tersebut.

Kepala Disdikbud kota Balikpapan Muhaimin juga memastikan tidak ada pungutan liar di PPDB tahun ini. Bhakan ucap dia, didalam aturan juga sudah jelas jika PPDB khususnya di sekolah Negeri tidak ada pungutan pembiayaan dalam bentuk apapun.

"Mudah-mudahan tidak ada lah, kan dalam aturan sudah jelas PPDB di sekolah negeri tidak ada pungutan pembiayaan," tegas Kepala Disdikbud kota Balikpapan Muhaimin.

Baca Juga;

Halaman
12
Penulis: Aris Joni
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved