Pilpres 2019

Menteri Kabinet Jokowi-Maruf Diprediksi Didominasi dari Tokoh Parpol, Begini Prediksi Pengamat

Rapat pleno penetapan presiden dan wapres terpilih adalah Joko Widodo-Maruf Amien, Minggu (30/62019). Lantas siapa saja menteri kabinet Jokowi-Maruf

Menteri Kabinet Jokowi-Maruf Diprediksi Didominasi dari Tokoh Parpol, Begini Prediksi Pengamat
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo (kiri) dan KH Ma'ruf Amin (kanan) saat Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Pemilu 2019 di gedung KPU, Jakarta, Minggu (30/6/2019). KPU resmi menetapkan Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024. Begini prediksi pengamat soal menteri di kabinet pada pemerintahan selanjutnya 

TRIBUNKALTIM.CO - KPU telah menggelar rapat pleno penetapan presiden dan wakil presiden terpilih tahun 2019-2024 adalah Joko Widodo-Maruf Amien, Minggu (30/62019).

Lantas siapa saja yang akan duduk di kabinet Jokowi-Maruf Amien?

Seorang pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno memprediksi menteri-menteri Jokowi untuk lima tahun mendatang akan didominasi dari partai politik. 

Seperti dikutip dari kompas.com, Senin (172019), Adi Prayitno mengatakan, "Kecendurungannya akan didominasi oleh menteri-menteri yang berasal dari parpol. Itu pasti karena kemenangan Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019."

Selama Pemilu 2019, menurut Adi parpol dari Koalisi Indonesia Kerja (KIK) yang membentengi dari berbagai serangan politik.

Suasana rapat terbatas Presiden Joko Widodo dan jajaran menteri Kabinet Kerja di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (5/1/2018).
Ilustrasi. Suasana rapat terbatas Presiden Joko Widodo dan jajaran menteri Kabinet Kerja di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (5/1/2018). (Kompas.com/Fabian Januarius Kuwado)

Maka dari itu, Adi menjadi wajar jika parpol mendapatkan jatah mengisi sejumlah pos kementerian.

Menurut Adi, Jokowi pun tak bisa mengelak akan hal tersebut lantaran kesuksesannya menang di Pilpres 2019 dibantu oleh parpol koalisi.

"Partai-partai ini yang menjadi garda terdepan dalam kemenangan Jokowi," ucapnya.

Namun, tentu saja perwakilan yang dikirimkan parpol haruslah kader yang punya kapasitas dan kompetensi serta loyalitas kepada Presiden Jokowi.

Adi menambahkan, idealnya kabinet diisi oleh menteri-menteri yang berasal dari kelompok profesional sehingga kabinet tidak mempunyai beban terhadap parpol agar program kerja Jokowi lebih baik.

Halaman
1234
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved