Tiap Tahun Ditjen SDA Kementerian PUPR Gelontorkan Rp20-30 Miliar untuk Kaltim

Namun, untuk angka pastinya, Anang belum dapat menyampaikan sebelum melihat data.

TribunKaltim.Co/purnomo susanto
Kepala BWS Kalimantan II, Anang Muchlis_M Purnomo Susanto 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Perkembangan proses penanggulangan banjir di Kota Samarinda terus ditunggu-tunggu.

Bagaimana tidak, hampir 60 ribu masyarakat Samarinda terdampak oleh banjir terparah kedua setelah tahun 1998 silam, yang datang diawal Juni lalu.

Dana penanggulangan banjir pun mengucur. Pemprov Kaltim memberikan bantuan Rp100 miliar untuk perbaikan drainase se-Kota Samarinda, Rp10 miliar untuk pengerukan Sungai Karang Mumus, dan Rp15 miliar untuk penanggulangan banjir se-Kaltim.

Bantuan juga datang dari pemerintah pusat.

Banggar DPRD Provinsi Kaltim mendapatkan dana senilai Rp 20 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), setelah bertemu langsung Dirjen Bina Marga.

Bukan hanya sampai di situ. Ternyata, pada tahun ini Kementrian PUPR telah mengucurkan dana senilai Rp20-30 miliar untuk Kaltim.

Dana disampaikan kepada Ditjen Sumber Daya Air (SDA), melalui kepanjangan tangannya di Kaltim, yakni Balai Wilayah Sungai Kalimantan III yang berkantor di Samarinda.

Kepala BWS Kalimantan III, Anang Muchlis mengungkapkan, setiap tahun Pemprov Kaltim mendapatkan dana sebesar Rp20-30 miliar dari Kementrian PUPR Ditjen SDA.

Namun, untuk angka pastinya, Anang belum dapat menyampaikan sebelum melihat data.

“Pokoknya, rata-rata bantuan yang kami berikan kepada Pemprov Kaltim itu sebesar kurang lebih antara Rp20-30 miliar/tahun,” ujarnya saat dikonfirmasi Tribunkaltim.co seraya menyampaikan, semua bantuan dana tersebut diberikan untuk pengerjaan proyek yang telah direncanakan dengan matang.

Halaman
12
Penulis: Purnomo Susanto
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved